PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR PELAYANAN PRIMA SISWA KELAS X SMK PARIWISATA IMELDA MEDAN

Hariyati, Fina (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR PELAYANAN PRIMA SISWA KELAS X SMK PARIWISATA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5133142012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5133142012 COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5133142012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5133142012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (964kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5133142012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5133142012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5133142012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5133142012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5133142012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5133142012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5133142012 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5133142012 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5133142012 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5133142012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5133142012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5133142012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 5133142012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 5133142012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5133142012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5133142012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)) pada pelajaran Pelayanan Prima ; (2) Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Pelayanan Prima ; (3) Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Pelayanan Prima. Teknik pengambilan sampel secara Total Sampling dengan jumlah sampel 64 siswa. Kelas X¹ berjumlah 32 orang dan kelas X² yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan berganda dan teknik analisis data menggunakan deskripsi data, tingkat kecenderungan dan uji persyaratan analisis menggunakan rumus uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yang menggunakan rumus Liliofers. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Pelayanan Prima termasuk kategori cenderung tinggi sebesar 84,375% dan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Pelayanan Prima termasuk kategori cenderung cukup sebesar 56,25%. Hasil uji normalitas dari kedua kelas adalah berdistribusi normal pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Conetextual Teaching and Learning dengan nilai (Thitung = 0,1512 < Ttabel = 0,156), dan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning yaitu (Thitung = 0,12945 < Ttabel = 0,156). Untuk hasil uji homogenitas diperoleh nilai F_(hitung )= 1,81 dan F_(tabel )= 1,84, maka dapat disimpulkan F_(hitung )<F_(tabel )(1,81< 1,84 ) yang berarti data hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan hasil belajar yang tidak menggunakan model pembelajran Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis (Uji t) terdapat pengaruh yang signifikan pada Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Pelayanan Prima dengan nilai T_(hitung )> T_(tabel )(2,90>1,67) pada taraf signifikan 5 persen. Artinya model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pelayanan Prima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 BOGA 005
Keywords: Model Pembelajaran CTL, Hasil Belajar Pelayanan prima
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 01 Mar 2019 10:21
Last Modified: 05 Apr 2019 08:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32799

Actions (login required)

View Item
View Item