ANDRIAN, ARI (2019) IMPLEMENTASI KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII SMK SWASTA AL-WASHLIYAH PASAR SENEN 1 MEDANT.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7142142007 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 7142142007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (571kB) | Preview
3. NIM. 7142142007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
4. NIM. 7142142007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5. NIM. 7142142007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 7142142007 TABLE .pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 7142142007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 7142142007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (596kB) | Preview
12. NIM. 7142142007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM. 7142142007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII di SMK Swasta Al-Washliyah Pasar Senen 1 Medan T.P. 2018/2019 melalui implementasi kolaborasi model pembelajaran Problem Based Instruction dan Time Token. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Al-Washliyah Pasar Senen 1 Medan T.P. 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII yang berjumlah 19 norang . Objek penelitian in adalah Implementasi kolaborasi model pembelajaran Problem Based Instruction dan Time Token. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantatif. Dari lembar observasi aktivitas siswa diperoleh hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 11 orang siswa (57.90 %) yang termasuk dalam kriteria aktif. Pada siklus II siswa yang termasuk dalam kriteria aktif meningkat menjadi 18 orang siswa (94,74 %). Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata yang diperoleh dari pre-test 30,27 dengan tidak ada satupun siswa yang tuntas (0 %) dan post-test siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 70,26 dengan siswa tuntas 12 siswa (63,16 %) dan meningkat di hasil post-test siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 81,16 dengan siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa (94,74 %). Dapat disimpulkan bahwa implementasi kolaborasi model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan Time Token dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada materi Akuntansi Konsinyasi di Kelas XII SMK Swasta Al-Washliyah Pasar Senen 1 Medan T.P. 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 022 |
Keywords: | Aktivitas, Hasil Belajar Akuntansi, KOlaborasi Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan Time Token. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 09:48 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32784 |