BONDAR, JOSUA FERDINANDO (2018) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL DI KELAS XI MIA SMA DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
01_4142141023_COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
02_4142141023_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
03_4142141023_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
04_4142141023_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
05_4142141023_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
06_4142141023_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
07_4142141023_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
08_4142141023_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
09_4142141023_BAB I.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
13_4142141023_BAB V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14_4142141023_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa pada materi sel dan faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Dharma Pancasila Medan. Seluruh siswa dalam populasi penelitian ini digunakan sebagai sampel (total sampling) yaitu sebanyak 116 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda dan angket. Data dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesulitan belajar siswa pada materi Sel ditinjau dari aspek kognitif pada C1 berada pada kategori rendah, C2 dengan kategori sedang, level kognitif C3 berada pada kategori tinggi, serta level kognitif C4, C5, dan C6 dalam kategori rendah; (2) Kesulitan belajar siswa pada aspek indikator ketuntasan pembelajaran berada pada kategori sedang pada semua indikator; (3) Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar pada materi sel adalah materi yang sulit, minat belajar siswa, metode mengajar guru, sarana pembelajaran serta lingkungan belajar yang kurang mendukung
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 057 |
Keywords: | Kesulitan Belajar, Aspek Kognitif, Indikator Ketuntasan Pembelajaran, Materi Sel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 09:41 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 07:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32781 |