BATUBARA, HUSNIYATI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN VIRTUAL LABORATORY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS PADA KELAS XI DI SMA DHARMA PANCASILA MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143321019 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 4143321019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
3. NIM 4143321019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4. NIM 4143321019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
5. NIM 4143321019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
6. NIM 4143321019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM 4143321019 TABLES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM 4143321019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 4143321019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
13. NIM 4143321019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
14. NIM 4143321019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbantuan Virtual Laboratory Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Pokok Fluida Dinamis Kelas XI Semester Ganjil Di SMA Dharma Pancasila Medan T. P 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain peneitian two group pretest- postest desaign. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Dharma Pancasila Medan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling yang terdiri atas dua kelas dengan jumlah sampel seluruhnya 62 orang siswa. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains yang diajar dengan menggunkn model inkuiry terbimbing berbantuan virtual laboratory dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunkan model pembelajaran konvensional. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan virtual laboratory lebih baik digunakan dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 059 |
Keywords: | Inkuiri Terbimbing, Virtual Laboratorium, Fluida Dinamis, Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 11:41 |
Last Modified: | 14 May 2019 02:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32656 |