SIANTURI, INDRIS SARIHON (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRI TERINTEGRASI PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI POKOK ELASTISITAS ZAT PADAT DAN HUKUM HOOKE. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143321022 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM 4143321022 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
3. NIM 4143321022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
4. NIM 4143321022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. NIM 4143321022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
6. NIM 4143321022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7. NIM 4143321022 TABLES.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
8. NIM 4143321022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM 4143321022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
13. NIM 4143321022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14. NIM 4143321022 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh model pembelajaran Scientific Inquiry terintegrasi PhET terhadap hasil belajar siswa kelas XI semester II pada materi pokok Elastisitas Zat Padat dan Hukum Hooke.. Penelitian ini merupakan quasi experiment melibatkan satu kelas terdiri 36 subjek penelitian yang diberi pembelajaran yang sama. Siswa dikelompokkan berdasarkan kemampuan awal. Siswa diberikan tiga jenis instrumen yaitu instrumen hasil belajar (kognitif, afektif, psikomotorik) yang terdiri dari pretest, posttest setelah pembelajaran. Setiap instrumen hasil belajar kognitif siswa terdiri dari 8 soal essay test yang telah divalidasi isiHasil tes kemampuan awal memiliki 17 siswa mendapatkan nilai di atas rata-rata dengan rataan 27,03 (kelas tinggi) dan 19 siswa dengan rataan tes 13,08 (kelas bawah). Nilai rata-rata posttest hasil belajar siswa pada pembelajaran konvensional setelah diberikan perlakuan adalah 35,54 dan untuk model pembelajaran scientific inquiry berbasis PhET rata-rata adalah 72,14. Hasil analisis varians dengan taraf signifikan 0,05 menunjukkan interaksi model pembelajaran FA(1,542)>FTabel(1,477) sehingga Ho ditolak dan Ha diterimasehingga hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran scientific inquiry terintegrasi PhET di kelas XI semester I pada materi pokok Elastisitas Zat Padat dan Hukum Hooke lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hasil belajar antar kelas tinggi dan rendah memiliki FB(3,249)>FTabel(1,4774) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dengan kata lain bahwa hasil belajar antara siswa yang di atas rata-rata (kelas tinggi) yang diajarkan dengan model pembelajaran Scientific Inquiry terintegrasi PhET di kelas XI semester I pada materi pokok Elastisitas Zat Padat dan Hukum Hooke lebih baik dari hasil belajar siswa yang dibawah rata-rata (kelas rendah). Pada interaksi antar AB FAB=1,237 <FTabel=1,4774 H0 terima dan Ha tolak sehingga tidak terdapat interaksi antara model scientific inquiry terintegrasi PhET dan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 045 |
Keywords: | Scientific Inquiry, PhET, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 10:02 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32607 |