NADYA, T. SITI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON DAN PENERAPANNYA DI KELAS X SEMESTER I MAN BINJAI T.P.2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143121059 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. NIM. 4143121059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
3. NIM 4143121059 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4. NIM. 4143121059 PREFACE_docx.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. NIM. 4143121059 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM. 4143121059 ILLUSTRATION_docx.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM. 4143121059 TABLES_docx.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 4143121059 APPENDICES_docx.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. NIM. 4143121059 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
13. NIM. 4143121059 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
14. NIM. 4143121059 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training berbantu macromedia flash terhadap keterampilan proses sains (KPS) fisika siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Binjai. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu X MIA-3 dengan jumlah sebagai kelas eksperimen 39 orang siswa dan X MIA-2 sebagai kelas kontrol 37 orang siswa dan diambil dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini ada 2, yaitu tes KPS dalam bentuk essay dengan jumlah 8 soal dan lembar observasi aktivitas KPS. Berdasarkan uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inquiry training terhadap KPS fisika siswa dan terdapat peningkatan aktivitas KPS yang signifikan dari setiap pertemuan. Berdasarkan uji gain yang ternormalisasi (N-gain) menunjukkan bahwa ada peningkatan KPS fisika siswa dengan menggunakan model inquiry training dalam kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 037 |
Keywords: | Model Inquiry Training, Keterampilan Proses Sains, Macromedia Flash |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC770 Nuclear and particle physics. Atomic energy. Radioactivity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 15:04 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32567 |