PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

SINAGA, MAURA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7143141055 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7143141055 COVER.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7143141055 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7143141055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7143141055 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7143141055 PREFACE.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7143141055 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7143141055 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7143141055 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7143141055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7143141055 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7143141055 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7143141055 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7143141055 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7143141055 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7143141055 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7143141055 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7143141055 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 7143141055 CHAPTER II.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 7143141055 CHAPTER II.pdf - Published Version

Download (720kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 7143141055 CHAPTER III.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 7143141055 CHAPTER III.pdf - Published Version

Download (546kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 7143141055 CHAPTER IV.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 7143141055 CHAPTER IV.pdf - Published Version

Download (985kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7143141055 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7143141055 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7143141055 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7143141055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 7143141055 ENCLOSURE.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 7143141055 ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 5 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Centered Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Medan, Jalan Pelajar Nomor 17 Medan dengan populasi seluruh siswa kelas X IPS sebanyak 108 orang yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling, yaitu sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar digunakan test dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan.
Dari hasil penelitian ditemukan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Centered Learning lebih tinggi yaitu 86,4 dan standar deviasi sebesar 6,04. Sedangkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional adalah 69,8 dan standar deviasi sebesar 6,68. Hipotesis penelitian ini diuji dengan uji t dan diperoleh thitung = 6,648 sedangkan ttabel = 1,677 dengan α = 0,05 dengan taraf signifikan 95% maka thitung > ttabel dengan kata lain Ha diterima Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Centered Learning lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada materi pelajaran sistem ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 EKO 003
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING; HASIL BELAJAR EKONOMI
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB135 Mathematical economics
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 27 Feb 2019 14:56
Last Modified: 30 Sep 2021 06:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32562

Actions (login required)

View Item
View Item