SINAGA, MAURA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143141055 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM. 7143141055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
3. NIM. 7143141055 PREFACE.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
4. NIM. 7143141055 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 7143141055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM. 7143141055 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 7143141055 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7143141055 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 7143141055 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
10. NIM. 7143141055 CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (720kB) | Preview
11. NIM. 7143141055 CHAPTER III.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
12. NIM. 7143141055 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (985kB) | Preview
13. NIM. 7143141055 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 7143141055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
15. NIM. 7143141055 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 5 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Centered Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Medan, Jalan Pelajar Nomor 17 Medan dengan populasi seluruh siswa kelas X IPS sebanyak 108 orang yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling, yaitu sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar digunakan test dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan.
Dari hasil penelitian ditemukan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Centered Learning lebih tinggi yaitu 86,4 dan standar deviasi sebesar 6,04. Sedangkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional adalah 69,8 dan standar deviasi sebesar 6,68. Hipotesis penelitian ini diuji dengan uji t dan diperoleh thitung = 6,648 sedangkan ttabel = 1,677 dengan α = 0,05 dengan taraf signifikan 95% maka thitung > ttabel dengan kata lain Ha diterima Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Centered Learning lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada materi pelajaran sistem ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 EKO 003 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING; HASIL BELAJAR EKONOMI |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB135 Mathematical economics L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 14:56 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 06:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32562 |