WAHYUNI, SAFNA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONVIDENCE, SATISFACTION DENGAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA NURUL AMALIYAH TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7142142003 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. NIM. 7142142003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
3. NIM. 7142142003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
4. NIM. 7142142003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
5. NIM. 7142142003 TABLE OF CONETEN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 7142142003 LIST OF TABLES .pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 7142142003 LIST OF FIGURES .pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 7142142003 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 7142142003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
13. NIM. 7142142003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 7142142003 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction dengan Strategi Active Knowledge Sharing.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2018/2019. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI AK 1 yang berjumlah 27 siswa. Objek penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction dengan Strategi Active Knowledge Sharing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Tes dan Lembar Observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I yaitu tidak ada siswa yang memiliki kemampuan berpikir yang sangat kritis, 13 siswa masuk dalam kategori kritis dengan persentase 48,14%, 14 siswa masuk dalam kategori cukup kritis dengan persentase 51,86%, dan tidak ada siswa masuk dalam kategori kurang kritis. Terjadi peningkatan pada siklus II sebanyak 7 siswa dengan persentase 25,9% kemampuan berpikir yang sangat kritis, 17 siswa masuk dalam kategori kritis dengan persentase 63%, 3 siswa masuk dalam kategori cukup kritis dengan persentase 11,1%, dan tidak ada siswa masuk dalam kategori kurang kritis. Sedangkan hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 16 siswa (59,25%) yang tuntas menjadi 24 siswa (88,88%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 85% siswa memperoleh nilai ≥ 75. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction dengan Strategi Active Knowledge Sharing dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa pada materi Kas Kecil di Kelas XI Akuntansi SMK Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 009 |
Keywords: | KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION, STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 14:03 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 08:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32544 |