GUSTINA, CINTA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJARPADA MATERI POKOK KINEMATIKA GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 20 MEDAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4142121003. COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 4142121003. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
3. NIM. 4142121003. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM. 4142121003. PREFACE.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM. 4142121003. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
6. NIM. 4142121003. ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 4142121003. TABLE.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8. NIM. 4142121003. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
9. NIM. 4142121003. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
13. NIM. 4142121003. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
14. NIM. 4142121003. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning pada materi pokok kinemtika gerak lurus di kelas X SMA Negeri 20 Medan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini quasi eksperiment dengan desain penelitian two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang untuk kelas eksperimen MS-1 dan 30 orang untuk kelas control MS-2. Kelas eksperimen diterapkan discovery learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes berbentuk pilihan berganda sebanyak 15 item. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data melalui uji normalitas data, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil pretest kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Selanjutnya diberikan perlakuan dengan model discovery learning pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Hasil postest terdapat perbedaan yang signifikan dengan penerapan discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Kinematika Gerak Lurus di kelas X semester I SMA Negeri 20 Medan T.P. 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 034 |
Keywords: | discovery learning; Hasil Belajar; Kinematika Gerak Lurus |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 11:46 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32529 |