PUTRI, HELINE (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS XI SEMESTER I SMA SWASTA SANTA MARIA MEDAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
01_4141121024_COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
02_4141121024_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
03_4141121024_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
04_4141121024_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
05_4141121024_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
06_4141121024_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
07_4141121024_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
08_4141121024_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
09_4141121024_BAB I.pdf - Published Version
Download (582kB) | Preview
13_4141121024_BAB V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
14_4141121024_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Scietific Inquiry terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas XI semester I SMA Swasta Santa Maria Medan T.P 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, dengan desain penelitian Control Group Pretest Postest Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas XI SMA Swasta Santa Maria Medan yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang yang diberikan perlakuan model Scientific inquiry dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 orang yang diberi perlakuan model konvensional. Instrumen yang digunakan berbentuk essai tes sebanyak 10 buah yang telah divalidasi oleh validator. Berdasarkan hasil pengolahan data pretes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 20,93 dengan standard deviasi 5,297 dan nilai rata-rata kelas kontrol 20,80 dengan standard deviasi 5,270. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas maka dapat disimpulkan bahwa nilai pretes berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan model pemebelajaran Scientific Inquiry pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan postes. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 82,13 dengan standard deviasi 5,480 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 70,73 dengan standard deviasi 5,240. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan α = 0,05 maka hipotesis (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Scientific Inquiry terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi Suhu dan Kalor di kelas XI semester I SMA Swasta Santa Maria Medan T.P 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 033 |
Keywords: | Model Pembelajaran, Scientific Inquiry, Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 11:44 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32528 |