NASUTION, SORAYA IMSA PERDANI (2018) PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DI SMA NEGERI 7 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141121071 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM 4141121071 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
3. NIM 4141121071 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM 4141121071 PREFACE.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
5. NIM 4141121071 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
6. NIM 4141121071 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM 4141121071 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. NIM 4141121071 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
9. NIM 4141121071 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
13. NIM 4141121071 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 4141121071 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan sikap ilmiah/karakter siswa akibat pengaruh penerapan model pembelajaran scientific inquiry dengan model konvensional pada materi elastisitas di kelas XI Semester I SMA Negeri 7 Medan, 2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh penerapan model pembelajaran scientific inquiry dengan model konvensional pada materi elastisitas di kelas XI Semester I SMA Negeri 7 Medan Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan desain two group pretest -postest. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan dan sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen XI IPA - 3 dan kelas kontrol XI IPA - 4 yang masing-masing berjumlah 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif yang telah divalidasi dalam bentuk essay sebanyak 10 items dan lembar observasi untuk mengukur sikap ilmiah/karakter siswa. Hasil penelitian sebelum pembelajaran dilakukan, diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 20,73 dan kelas kontrol sebesar 20,23. Hasil uji t dua pihak menunjukkan bahwa kedua kelas sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Ketika diberi perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh persentase rata-rata sikap ilmiah/karakter siswa kelas eksperimen pada pertemuan I adalah 57,56 % (kurang baik), pertemuan II adalah 69,11 % (kurang baik) dan pertemuan III adalah 74,75 % (cukup baik). Persentase rata – rata sikap ilmiah/karakter siswa di kelas kontrol pada pertemuan I adalah 56,00 % (kurang baik), pertemuan II adalah 57,43 % (kurang baik) dan pertemuan III adalah 58 % (kurang baik). Hasil observasi sikap ilmiah/karakter siswa pada dua kelas menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan. Nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen sebesar 60,17 dan kelas kontrol sebesar 50,40. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,98 > 1,672 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima, yang menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran scientific inquiry terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok elastisitas di kelas XI semester ganjil SMA Negeri 7 Medan tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 021 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY,HASIL BELAJAR, SIKAP ILMIAH/KARAKTER |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 11:14 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32511 |