HASIBUAN, RAHMANIAR (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STRATEGI BELAJAR PQ4R DALAM PEMBELAJARAN IPA-BIOLOGI DI SMP SWASTA AMIR HAMZAH TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 4141141058 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2.NIM 4141141058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
3. NIM 4141141058 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM 4141141058 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM 4141141058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. NIM 4141141058 TABLES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
7. NIM 4141141058 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 4141141058 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
9. NIM 4141141058 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
13. NIM 4141141058 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 4141141058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran Biologi menggunakan metode Strategi Belajar PQ4R di kelas VIII SMP Swasta Amir Hamzah T.P 2018/2019. Deskripsi dilakukan terhadap: 1) Kemampuan guru dalam mengimplementasikan perangkat pembelajaran; 2) Aktivitas Belajar Siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan; 3) Hasil belajar siswa kelas VIII setelah mendapatkan pembelajaran metode Strategi Belajar PQ4R. Penelitian menggunakan desain penelitian deskriptif. Seluruh rangkaian proses penelitian dilakukan mengacu pada standart lulusan, standart proses, dan standart penilaian yang diberlakukan pada kurikulum 2013. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik deskriptif, dalam bentuk rata-rata, simpangan baku, distribusi frekuensi, dan deskripsi rekaman pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh: 1) Guru dapat mengimplementasikan dengan baik perangkat pembelajaran Biologi materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas VIII SMP Swasta Amir Hamzah setelah mendapatkan pembelajaran metode Strategi Belajar PQ4R; 2) Aktivitas Belajar Siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan tergolong baik; 3) Sebaran ketuntasan belajar siswa kelas VIII SMP Swasta Amir Hamzah setelah mendapat pembelajaran metode metode Strategi Belajar PQ4R adalah 81,3 % siswa tuntas dan 26,42 % belum tuntas. Ketuntasan belajar pada metode Strategi Belajar PQ4R lebih tinggi dibanding pretest.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 008 |
Keywords: | STRATEGI BELAJAR PQ4R, AKTIVITAS BELAJAR SISWA, HASIL BELAJAR. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 11:10 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 09:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32507 |