PRATIWI, INDAH (2018) PERBANDINGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA NEGERI 3 KISARAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4142141007 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM 4142141007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
3. NIM 4142141007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4. NIM 4142141007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
5. NIM 4142141007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM 4142141007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 4142141007 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4142141007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 4142141007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
13. NIM 4142141007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 4142141007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 3 Kisaran T.P 2018/2019 yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) serta mengetahui perbedaan keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 3 Kisaran T.P 2018/2019 yang diajarkan dengan Problem Based Learning (PBL)
dan Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest group design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Kisaran Tahun
Pembelajaran 2018/2019, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 yang ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas X IPA 1 sebagai kelompok eksperimen yang dibelajarkan
dengan model pembelajaran PBL dan siswa kelas X IPA 2 sebagai kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PjBL. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes keterampilan proses sains dan lembar
observasi. Data kemudian dianalisis dengan uji-t pada taraf signifikansi 0,05 dan menunjukan terdapat perbedaan signifikan keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 3 Kisaran Tahun Pembelajaran 2018/2019 yang diajarkan dengan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) (thitung = 4,803748; ttabel = 2,0002978). Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 3 Kisaran Tahun Pembelajaran 2018/2019 yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning
meningkat dari kategori kurang terampil (49,5±12,23) menjadi kategori sangat terampil (82,5±8,83) dan keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 3
Kisaran Tahun Pembelajaran 2018/2019 yang diajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning meningkat dari kategori kurang terampil (46±9,63) menjadi kategori terampil (70,57±12,62) berdasarkan hasil tes
keterampilan proses serta terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 3 Kisaran Tahun Pembelajaran 2018/2019 yang diajarkan dengan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 006 |
Keywords: | PROBLEM BASED LEARNING; PROJECT BASED LEARNING; KETERAMPILAN PROSES SAINS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 09:27 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 02:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32470 |