Br. Tarigan, Yonanda Mellyarosa (2018) PERANCANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATERI FUNGI DI KELAS X SMA SWASTA SANTA MARIA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141141083 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 4141141083 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
3. NIM. 4141141083 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4. NIM. 4141141083 PREFACE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. NIM. 4141141083 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM. 4141141083 TABLES.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
7. NIM. 4141141083 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. NIM. 4141141083 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
9. NIM. 4141141083 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
13. NIM. 4141141083 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 4141141083 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing (guided inquiry learning) pada materi fungi berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli pembelajaran, guru dan siswa serta mengetahui kemampuan berfikir kritis dan ketuntasan klasikal belajar siswa di kelas X SMA Swasta Santa Maria Medan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4-D. Subjek dalam penelitian ini yaitu 2 dosen ahli materi, 2 dosen ahli pembelajaran, 2 guru Biologi, 20 siswa (uji kelompok kecil) serta 32 siswa (penyebaran lapangan terbatas). Objek dalam penelitian ini adalah materi fungi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi dan angket. Hasil penilaian oleh ahli materi menunjukkan persentase nilai 94,66% (sangat layak), persentase ahli pembelajaran sebesar 87,5% (sangat layak), persentase respon guru Biologi sebesar 97,99% (sangat layak) dan persentase tangapan peserta didik pada uji kelompok kecil sebesar 90,66% (baik). Hasil persentase rata-rata kemampuan berfikir kritis siswa pada uji lapangan terbatas yaitu 76,7% ( baik) dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal tercapai dengan persentase 84,37%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 005 |
Keywords: | PERANCANGAN, LKPD, PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY, MATERI FUNGI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 26 Feb 2019 16:03 |
Last Modified: | 25 Feb 2022 09:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32451 |