Ahmad, Khairi (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DAN MINAT BELAJAR BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 TANJUNG PURA. Masters thesis, UNIMED.
1-081188910020 Pengantar.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2-081188910020 Abstrak.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
3-081188910020 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4-081188910020 Bab I.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
5-081188910020 Bab V.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
6-081188910020 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui: (1) basil belajar biologi siswa yangdibelajarkan dengan strategi pembelajaran advance organizer dan yangdibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. (2) pengaruh minat belajarbiologi siswa terhadap hasil belajar siswa. (3) interaksi antara strategipembelajaran advance organizer dan minat belajar biologi dalam mempengaruhibasil belajar biologi siswa, yakni menemukan strategi pembelajaran yang tepatuntuk siswa yang memiliki minat belajar biologi tinggi maupun minat belajarbiologi rendah dalam memahami pelajaran biologi seeara efektif. Populasi dalampenelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA semester ganjil Tahun Pelajaran2010/2011, dan diambil sampel dari populasi yang berasal dari SMA Negeri 1Tanjungpura sebanyak 2 kelas yang berjumlah 62 orang yang terbagi dalam 2kelas sampel. Kelas eksperimen 1 dibelajarkan dengan strategi pembelajaranadvance organizer, kelas eksperimen 2 dibelajarkan dengan stategi pembelajaranekspositori. Data penelitian yang dikumpulkan dari sampel adalah berupa dataminat belajar siswa yang diperoleh dari angket, dan hasil belajar siswa yangdiperoleh dari tes hasil belajar berupa pilihan berganda. Hipotesis diuji denganANAVA dua jalur dan General Linear Model (GLM) pada taraf signifikansi 0,05dengan menggunakan program SPSS 17.00 for windows. Berdasarkan analisisdata dan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa: (1) terdapat perbedaanyang signifikan antara hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan menggunakanstrategi pembelajaran yang diterapkan pada kedua kelompok sampel terhadappeningkatan hasil belajar biologi siswa dengan harga Asymp. Sig. (2-tailed) 0,790> 0,05. (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari strategi pembelajaranyang diterapkan terhadap minat belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari haraga sig.0,786 > 0,05. (3) tidak ada interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaranyang diterapkan dengan minat belajar dalam mempengaruhi basil belajar siswayang ditunjukkan dengan harga Asymp. Sig. (2-tailed) 0,355 > 0,05. Penelitian inimengimplikasikan bahwa: (1) pars guru, khususnya guru biologi memerlukanpemahaman, pengetahuan dan wawasan yang Iebih luas dalam meraneangpembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (2) pemberianadvance organizer baik diterapkan pada siswa yang memiliki kemampuan minatbelajar biologi tinggi sedangkan bagi siswa yang memiliki tingkat minat belajarbiologi rendah, pembelajaran dengan pemberian ekspositori.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Strategi Pembelajaran Biologi; Minat Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 01:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3239 |