HARAHAP, INDAH NOVITA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING DENGAN MENGGUNAKAN LKS PADA PELAJARAN AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI-AKUNTANSI DI SMK SWASTA JAMBI MEDAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7141142012 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 7141142012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
3. NIM. 7141142012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4. NIM. 7141142012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM. 7141142012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 7141142012 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 7141142012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7141142012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
9. NIM. 7141142012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
13. NIM. 7141142012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 7141142012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendanya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi melalui penerapan model pembelajaran scaffolding dengan menggunakan LKS. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Jambi Medan. Subjek penelitian adalah seluruh siswa yang berjumlah 44 siswa. Prosedur penelitian terdapat perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes hasil belajar dan observasi aktivitas siswa, teknik analisis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis, aktivitas belajar pada siklus 1 sebesar 61,3% meningkat pada siklus 2 menjadi 86,3%. Hasil belajar pada pretes siswa yang tuntas sebanyak 2 orang (4%) dari 44 siswa dengan persentase rata-rata 45,6%. Setelah dilakukan tindakan, hasil Pos tes1 siswa yang tuntas sebanyak 27 orang (61%), dengan nilai rata-rata sebesar 65%. Pada pos tes 1 siswa mengalami peningkatan dalam pengetahuan belajar akuntansi, tidak sampai disini siklus 1 belum mencapai tingkat ketuntasan klasikal yaitu 80%, maka dilanjutkan ke siklus 2. Siklus 2 (pos tes 2) menunjukkan terdapat sebanyak 37 orang (84%) tuntas belajar akuntansi dengan nilai rata-rata sebesar 79,56% di keriteriakan tinggi dan sudah mencapai tingkat klasikal yang telah di tentukan. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran scaffolding dengan menggunakan LKS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi di kelas XI-Ak di SMK Swasta Jambi Medan T.A 2018/2019 pada materi kas kecil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 134 |
Keywords: | Model Pembelajaran Scaffolding dengan MenggunakaN LKS, Aktivitas dan Hail belajar Akuntansi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 22 Feb 2019 14:34 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 03:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32262 |