IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) DAN HUBUNGANNYA DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI MIA SMA METHODIST 5 MEDAN PADA MATERI SEL

PUTRI, CLAUDIA ROSMAULI (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) DAN HUBUNGANNYA DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI MIA SMA METHODIST 5 MEDAN PADA MATERI SEL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4143341008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4143341008 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4143341008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4143341008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4143341008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4143341008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4143341008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4143341008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4143341008 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4143341008 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4143341008 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4143341008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4143341008 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4143341008 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4143341008 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4143341008 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4143341008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4143341008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4143341008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4143341008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4143341008 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4143341008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mencari hubungan antara keterampilan proses sains dengan kemampuan prediksi, observasi, dan menjelaskan siswa kelas XI MIA SMA Methodist 5 Medan melalui penerapan model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain). Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan seluruh siswa kelas XI MIA yang berjumlah 40 orang sebagai sampelnya. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling di mana seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini. Kemampuan prediksi siswa dikategorikan baik (64,60 ± 13,15). Kemampuan observasi siswa dikategorikan sangat baik (86,91 ± 8,05). Sedangkan kemampuan menjelaskan siswa dikategorikan baik (79,81 ± 13,60). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan KPS siswa dikategorikan baik dengan rata-rata nilai 76,44 ± 8,88. Hasil perhitungan korelasi, menggunakan metode korelasi Pearson Product Momment dengan bantuan SPSS versi 25.0 antara kedua variabel menunjukkan bahwa hubungan kemampuan prediksi dengan KPS dikategorikan sedang dengan koefisien korelasi sebesar 0,412 (r = 0,412). Hubungan antara kemampuan observasi dengan KPS dikategorikan rendah dengan koefisien korelasi sebesar 0,252 (r = 0,252). Sedangkan hubungan antara kemampuan menjelaskan dengan KPS dikategorikan kuat dengan koefisien korelasi sebesar 0,636 (r = 0,636). Namun bila dilihat secara keseluruhan, model pembelajaran POE memiliki pengaruh yang positif terhadap KPS sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran POE sangat cocok untuk melatih dan meningkatkan KPS siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 BIO 234
Keywords: implementasi, keterampilan proses sains, sel, model pembelajaran POE, prediksi, observasi, menjelaskan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 21 Feb 2019 15:20
Last Modified: 28 Feb 2019 06:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32228

Actions (login required)

View Item
View Item