PUTRI, CLAUDIA ROSMAULI (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) DAN HUBUNGANNYA DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI MIA SMA METHODIST 5 MEDAN PADA MATERI SEL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143341008 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 4143341008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
3. NIM 4143341008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM 4143341008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM 4143341008 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM 4143341008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 4143341008 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 4143341008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
9. NIM 4143341008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
13. NIM 4143341008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM 4143341008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mencari hubungan antara keterampilan proses sains dengan kemampuan prediksi, observasi, dan menjelaskan siswa kelas XI MIA SMA Methodist 5 Medan melalui penerapan model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain). Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan seluruh siswa kelas XI MIA yang berjumlah 40 orang sebagai sampelnya. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling di mana seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini. Kemampuan prediksi siswa dikategorikan baik (64,60 ± 13,15). Kemampuan observasi siswa dikategorikan sangat baik (86,91 ± 8,05). Sedangkan kemampuan menjelaskan siswa dikategorikan baik (79,81 ± 13,60). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan KPS siswa dikategorikan baik dengan rata-rata nilai 76,44 ± 8,88. Hasil perhitungan korelasi, menggunakan metode korelasi Pearson Product Momment dengan bantuan SPSS versi 25.0 antara kedua variabel menunjukkan bahwa hubungan kemampuan prediksi dengan KPS dikategorikan sedang dengan koefisien korelasi sebesar 0,412 (r = 0,412). Hubungan antara kemampuan observasi dengan KPS dikategorikan rendah dengan koefisien korelasi sebesar 0,252 (r = 0,252). Sedangkan hubungan antara kemampuan menjelaskan dengan KPS dikategorikan kuat dengan koefisien korelasi sebesar 0,636 (r = 0,636). Namun bila dilihat secara keseluruhan, model pembelajaran POE memiliki pengaruh yang positif terhadap KPS sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran POE sangat cocok untuk melatih dan meningkatkan KPS siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 234 |
Keywords: | implementasi, keterampilan proses sains, sel, model pembelajaran POE, prediksi, observasi, menjelaskan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 15:20 |
Last Modified: | 28 Feb 2019 06:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32228 |