SITORUS, EVI INDAH P (2019) KEMAMPUAN MENULIS CERPEN MELALUI TEKNIK SHOW NOT TELL OLEH SISWA KELAS XI SMK NEGERI 9 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2143311020 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM 2143311020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (608kB) | Preview
3. NIM 2143311020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4. NIM 2143311020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
5. NIM 2143311020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM 2143311020 TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM 2143311020 TABLE OF ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 2143311020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
12. NIM 2143311020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
14. NIM 2143311020 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
13. NIM 2143311020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
1. NIM 2143311020 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
9. NIM 2143311020 CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (950kB) | Preview
8. NIM 2143311020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
7. NIM 2143311020 TABLE OF ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
5. NIM 2143311020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Teknik Show Not Tell Oleh Siswa Kelas XI SMK Negeri 9 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini berjumlah 148 siswa SMK Negeri 9 Medan. Pengambilan data digunakan dalam bentuk penugasan yaitu menulis pantun,yaitu kelas eksperimen 29 siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perolehan data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis cerpen sebelum menggunakan teknik show not tell termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 67,25, sedangkan kemampuan siswa menulis cerpen sesudah menggunakan teknik show not tell termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 81,67. Selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% atau 1% dengan dk = (N1+N2)-2 = (29+29)-2 = 56. Pada tabel t dengan dk = 56 diperoleh taraf signifikan 5% = 3,34 dan taraf signifikan 1% = 1,311 Oleh karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel , yaitu 3,34<7,01>1,311 , maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Teknik Show Not Tell oleh siswa kelas XI SMK Negeri 9 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis cerpen sesudah menggunakan teknik show not tell, dan proses pembelajaran sesudah menggunakan teknik show not tell berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis cerpen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 059 |
Keywords: | Teknik, show not tell, menulis dan cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 14:17 |
Last Modified: | 25 Feb 2019 05:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32179 |