SARAGIH, SISCA SRI DEWI (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN PROBING PROMPTING DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LUBUKPAKAM T.A.2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143111050 COVER.pfd.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 4143111050 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
3. NIM. 4143111050 ABSTRAK.pdf.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4. NIM. 4143111050 KATA PENGANTAR.pdf.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
5. NIM. 4143111050 DAFTAR ISI.pdf.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM. 4143111050 DAFTAR GAMBAR.pdf.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 4143111050 DAFTAR TABEL.pdf.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 4143111050 DAFTAR LAMPIRAN.pdf.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
9. NIM. 4143111050 BAB I.pdf.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
13. NIM. 4143111050 BAB V.pdf.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
14. NIM. 4143111050 DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan malasah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Probing Prompting pada materi sistem persamaan linier dua variabel di SMP Negeri 1 Lubukpakam T.A. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Posttest Only. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubukpakam dengan jumlah 340 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas secara acak, dan terpilih yaitu kelas VIII-U sebagai kelas eksperimen A yang diajar dengan model pembelajaran Problem Posing dan kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen B yang diajar dengan model pembelajaran Probing Prompting. Data dikumpulkan menggunakan data pretest dan postest dalam bentuk uraian dengan jumlah masing-masing empat soal, yang sudah divalidkan kepada tiga orang validator. Uji hipotesis dilakukan setelah data telah teruji normalitas dengan menggunakan uji Chi-Square dan homogenitas dengan menggunakan uji-F. Dari pengujian yang dilakukan disimpulkan bahwa data bersifat normal dan homogen. Oleh sebab itu, kedua kelas dapat kita beri perlakuan, dan diperoleh kelas eksperimen A memperoleh rata-rata sebesar 62,57 dan rata-rata kelas eksperimen B adalah 54,63. Untuk uji hipotesis digunakan uji-t, dan diperoleh = 2,13 dan = 1,67 , dengan dan 6, maka dapat dilihat bahwa , maka berarti ditolak atau terima . Maka dapat disimpulkan kemampuan pemecahan masalah matematis yang diajar dengan model Problem Posing lebih tinggi daripada siswa SMP Negeri 1 Lubukpakam yang diajarkan dengan model pembelajaran Probing Prompting
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 190 |
Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Eksperimen Semu, Problem Posing, Probing Prompting |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 13:54 |
Last Modified: | 25 Feb 2019 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32143 |