SIBAGARIANG, DENI M. (2018) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK CURAH PENDAPAT (BRAINSTORMING) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DI KELAS VII SMP SWASTA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2143111014 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM 2143111014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
3. NIM 2143111014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
4. NIM 2143111014 PREPARE.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
5. NIM 2143111014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM 2143111014 TABLES.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7. NIM 2143111014 DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
8. NIM 2143111014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
9. NIM 2143111014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
13. NIM 2143111014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
14. NIM 2143111014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan teknik curah pendapat (brainstorming) dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Swasta Parulian 2 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Parulian 2 Medan dengan jumlah 166 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 68 orang siswa, yaitu 34 siswa dikategorikan ke dalam kelas eksperimen dan 34 orang siswa dikategorikan ke dalam kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian two group post-test design yang dilaksanakan pada dua kelas. Pada kelas eksperimen menggunakan teknik curah pendapat (Brainstorming) dan pada kelas kontrol menggunakan teknik latihan terbimbing sebagai teknik pembanding. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah soal essai. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil post-test kedua variabel. Adapun kategori dalam pencapaian kemampuan menulis teks deskripsi di kelas eksperimen termasuk ke dalam kategori sangat baik sebanyak 10 orang siswa atau (29,%), kategori baik sebanyak 20 orang siswa (58,8%) kategori cukup sebanyak 4 siswa atau (11%). Analisis data di kelas eksperimen dengan teknik curah pendapat (Brainstorming) ditemukan hasil rata-rata secara keseluruhan 78,38, standar deviasi 8,2, Standar dan dengan jumlah siswa yang sama yaitu 34 orang siswa. Dalam kelas kontrol ini, uji yang digunakan dalam menguji normalitas data sama dengan rumus yang digunakan pada kelas eksperimen yaitu dengan menggunakan uji liliefors dimana Lhitung = 0.1304 < Ltabel = 0.1519, dan ini membuktikan bahwa data kelasn kontrol berdistribusi normal. Setelah data terbukti normal dan homogen maka uji hipotesis dapat dilakukan. Dalam pembahasan sebelumnya diperoleh to, selanjutnya disesuaikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan dk = (N1 + N2) – 2 = (34 + 34) -2 = 66. Pada tabel t dengan dk = 66 diperoleh taraf sifgnifikan 5% = 2.00. Oleh karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,00 > 5,40 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alteratif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa teknik curah pendapat (Brainstorming) efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Swasta Parulian 2 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 170 |
Keywords: | EFEKTIVITAS; MENULIS TEKS DESKRIPSI; TEKNIK CURAH PENDAPAT (BRAINSTORMING); TEKNIK LATIHAN TERBIMBING |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 10:17 |
Last Modified: | 02 Apr 2019 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32104 |