HARAHAP, BASKORO ARIF KURNIAWAN (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING DENGAN PENDEKATAN MASTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA PANGERAN ANTASARI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018 / 2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143342009 COVER.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
2. NIM. 7143342009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
3. NIM. 7143342009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
4. NIM. 7143342009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
5. NIM. 7143342009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
6. NIM. 7143342009 TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 7143342009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 7143342009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 7143342009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
13. NIM. 7143342009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14. NIM. 7143342009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI-AK SMK Swasta Pangeran Antasari Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi setelah diterapkan metode Accelerated Learning dengan pendekatan MASTER pada siswa kelas XI-AK SMK Swasta Pangeran Antasari Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Pangeran Antasari Medan yang beralamat di Jl. Veteran No. 1060/19 Helvetia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-AK dengan jumlah 36 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test sebelum dilakukan tindakan pada siklus I adalah 67,22 dimana 44% siswa yang memenuhi ketuntasan belajar. Setelah diadakannya tindakan siklus I nilai rata-rata 72,36 dengan 72% siswa yang telah mencapai standar ketuntasan belajar setelah diadakannya siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 82,08 atau 86% siswa yang tuntas. Untuk kemampuan berpikir kritis siswa juga menunjukkan peningkatan dari 30,55% pada siklus I menjadi 83,33% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi meningkat setelah diterapkan metode Accelerated Learning dengan pendekatan MASTER pada siswa kelas XI-AK SMK Swasta Pangeran Antasari Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 pada materi kas kecil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 143 |
Keywords: | Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Accelerated Learning dengan Pendekatan MASTER |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 09:47 |
Last Modified: | 06 Jun 2021 19:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32086 |