HARDITIA, DEVI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMK PRAYATNA 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2143311015 SAMPUL SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
2. NIM 2143311015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (729kB) | Preview
3. NIM 2143311015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4. NIM 2143311015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
5. NIM 2143311015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
6. NIM 2143311015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM 2143311015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
9. NIM 2143311015 BAB I.pdf - Published Version
Download (682kB) | Preview
8. NIM 2143311015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
13. NIM 2143311015 BAB V.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
14. NIM 2143311015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap kemampuan menulis cerpen oleh siswa kelas XI SMK Prayatna 1 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMK Prayatna 1 Medan yang berjumlah 158 siswa. Pengambilan sampel, dilakukan dengan cara menentukan dua kelas yang dijadikan wakil populasi satu kelas eksperimen dan satu kelas lagi sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian two group post-test. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak satu kali masing-masing kelas yaitu sesudah pembelajaran dilakukan. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata post-test kelas kontrol 64,5 standar deviasi 7,6, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 60 sebanyak 7 siswa atau sekitar 23,33%. Niali rata-rata post-test kelas eksperimen 80, standar deviasi 6,83, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 80 sebanyak 7 siswa atau sekitar 22,58%. Berdasarkan uji normalitas, hasil post-test. Di dua kelas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, diketahuilah to sebesar 9,45. Selanjutnya, to dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf siginifikan 5% sebesar 2,04. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, maka dapat diketahui to>ttabel, yakni 9,45> 2,04. Dengan demikian, Ho (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMK Prayatna 1 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 174 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK, MENULIS CERPEN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 20 Feb 2019 11:58 |
Last Modified: | 27 Feb 2019 08:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32051 |