SARI, SEPTI DEVITA (2018) KEANEKARAGAMAN CAPUNG DI LINGKUNGAN KAMPUS DALAM PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK PADA MATERI ANIMALIA FILUM ARTHROPODA UNTUK TINGKAT SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143341048 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 4143341048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
3. NIM. 4143341048 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM. 4143341048 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. NIM. 4143341048 DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM. 4143341048 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM. 4143341048 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM. 4143341048 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM. 4143341048 BAB I_docx.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
13. NIM. 4143341048 BAB V_docx.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14. NIM. 4143341048 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan jumlah spesies dan kelimpahan capung di lingkungan kampus (Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Medan dan Universitas Medan Area), mengetahui penilaian dari validator ahli materi, validator ahli desain, guru Biologi dan tanggapan siswa terhadap kelayakan pengembangan LKPD mengenai keanekaragaman capung di
lingkungan kampus yang masuk ke dalam materi Animalia, khususnya Filum Arthropoda. Jenis penelitian ini menggunakan metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel (1974) yang
dimodifikasi sampai tahap Pengembangan (Development) pada uji kelompok terbatas. Subjek penilaian produk adalah siswa/siswi kelas XI-MIA SMAN 4 Medan. Dari hasil penelitian, diperoleh perbedaan jumlah spesies capung di
lingkungan kampus, dengan perbandingan 9 spesies di USU, 5 spesies di Unimed dan 8 spesies di UMA. Sedangkan perbedaan kelimpahan capung diperoleh perbandingan 112 ekor di USU, 104 ekor di Unimed dan 70 ekor di UMA. Dari
hasil uji kelayakan oleh validator, diperoleh rata-rata persentase penilaian sebesar 83,33% (Baik) oleh ahli materi; 87,50% (Sangat Baik) oleh ahli desain; 85,50%
(Sangat Baik) oleh guru biologi dan 90,35% (Sangat Baik) dari tanggapan kelompok terbatas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 002 |
Keywords: | Keanekaragaman; Capung; Pengembangan; LKPD; Animalia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH426 Genetics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 15:07 |
Last Modified: | 28 Feb 2019 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32021 |