YANTI, CICI ARI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI KELAS XII AK SMK SWASTA BUDI AGUNG MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7141142005 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM. 7141142005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (815kB) | Preview
3. NIM. 7141142005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
4. NIM. 7141142005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
5. NIM. 7141142005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM. 7141142005 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 7141142005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7141142005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 7141142005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
13. NIM. 7141142005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 7141142005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII AK SMK Swasta Budi Agung Medan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Budi Agung Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XII AK yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dalam tiap siklus terdiri dalam 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Tes dan Lembar Observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I yaitu tidak ada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang kategori sangat kritis, dan hanya 3 siswa masuk dalam kategori kritis dengan persentase 10%, 10 siswa masuk dalam kategori cukup kritis dengan persentase 33%, dan 17 siswa masuk dalam kategori kurang kritis dengan persentase 57%. Terjadi peningkatan pada siklus II sebanyak 7 siswa masuk kategori sangat kritis dengan persentase 23%, 18 siswa masuk dalam kategori kritis dengan persentase 60%, 5 siswa masuk dalam kategori cukup kritis dengan persentase 17%, dan tidak ada siswa masuk dalam kategori kurang kritis. Sedangkan hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 19 siswa (63%) yang tuntas menjadi 28 siswa (93%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 80% siswa memperoleh nilai ≥ 75.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 002 |
Keywords: | KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 14:10 |
Last Modified: | 26 Feb 2019 09:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31989 |