Pebri, Prianda (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 29 MEDAN TAHUN AJARAN 2010/2011. Masters thesis, UNIMED.
1-081188230133 Pengantar.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
2-081188230133 Abstrak.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
3-081188230133 DAftar Isi.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
4-081188230133 Bab I.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
5-081188230133 Bab V.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
6-081188230133 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar ekonomi siswa yangdiajar dengan strategi pembelajaran discovery dibandingkan dengan siswa yang diajardengan strategi pembelajaran ekspositori; (2) hasil belajar ekonomi siswa yang memilikigaya berpikir sekuensial abstrak dengan hasil belajar siswa yang memiliki gaya berpikirsekuensial konkrit; (3) ada tidaknya interaksi antara strategi pembelajaran dan gayaberpikir siswa terhadap hasil belajar ekonomi.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 29 Medan pada semester genap tahunpelajaran 2010/2011. Populasi berjumlah 270 orang. Pengambilan sampel dilakukandengan cluster random sampling berjumlah 60 orang yang terdiri dari 30 orang kelasV11 3 diajarkan strategi pembelajaran discovery dan 30 orang kelas V11 diajarkanstrategi pembelajaran ekspositori. Tes gaya berpikir dilakukan untuk mengelompokkansiswa yang mempunyai gaya berpikir sekuensial abstrak dan gaya berpikir sekuensialkonkrit. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desainfaktorial 2 x 2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikandata dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA duajalur dengan taraf signifikan α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sebelumnyadilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas.Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar ekonomi siswa yang diajarkandengan strategi pembelajaran discol:rery lebih baik dari pada hasil belajar ekonomi siswayang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, dengan Fhitung 6.108 > Ftabel4.02 pada taraf signifikan α= 0,05; (2) hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki gayaberpikir sekuensial abstrak lebih baik dari pada hasil belajar ekonomi siswa yangmemiliki gaya berpikir sekuensial konkrit, dengan Fhitung = 62.556 > Ftabel = 4.02 padataraf signifikan α= 0,05; (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan gayaberpikir dalam mempengaruhi hasil belajar siswa, dengan Fhitung = 6.461 > Ftabel = 4.02pada taraf signifikan α = 0,05. Hipotesis ini menunjukkan bahwa strategi pembelajarandiscovery lebih tepat daripada strategi pembelajaran ekspositori dalam meningkatkanhasil belajar ekonomi siswa, dan siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrakakan memperoleh hasil yang lebih baik dari pada siswa yang memiliki gaya berpikirsekuensial konkrit.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Peb p |
Keywords: | Belajar Siswa;Pembelajaran Ekonomi,Sekolah;Ekspositori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3197 |