MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA TEMA CITA-CITAKU DI KELAS IV SD NEGERI 106806 CINTA RAKYAT T.A 2017/2018

HASANAH, KHAIRUNIA (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA TEMA CITA-CITAKU DI KELAS IV SD NEGERI 106806 CINTA RAKYAT T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1141111047_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1141111047_COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1141111047_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1141111047_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1141111047_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1141111047_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1141111047_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1141111047_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1141111047_DAFTAR  ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1141111047_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1141111047_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1141111047_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1141111047_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1141111047_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1141111047_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1141111047_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1141111047_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1141111047_BAB I.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1141111047_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1141111047_BAB V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1141111047_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1141111047_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 106806 Cinta Rakyat, keterampilan guru pada pembelajaran masih berpusat pada guru, dan guru kurang memberikan kesempatan bertanya kepada siswa serta kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model
Problem Based Learning (PBL) pada Tema Cita-Citaku di Kelas IV SD Negeri 106806 Cinta Rakyat T.A 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (clasroom action research) yang dilaksanakan dengan 2 siklus dan 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 106806 Cinta Rakyat yang berjumlah 26 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat dismpulkan bahwa hasil tes awal
(pre test) siswa masih mengalami tingkat ketuntasan belajar dibawah rata-rata yaitu 46,15 dengan persentase ketuntasan klasikal 7,69 %, nilai sikap 1, 5 dengan
kategori kurang, dan nilai keterampilan 1,8 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan siklus I terjadi peningkatan dimana siswa yang memperoleh nilai ≤70
atau tidak tuntas sebanyak 12 orang (46,16%) dan yang memperoleh nilai ≥ 70% atau tuntas sebanyak 14 orang (53,84%), nilai sikap 2,5 dengan kategori cukup,
dan nilai keterampilan 2,3 dengan kategori cukup. Hal ini menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa pada siklus I belum mencapai tingkat keberhasilan belajar (ketuntasan klasikal) karena masih dibawah 85%. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan siklus II dapat diketahui bahwa 23 orang (88,46%) tuntas, dan 2 orang (11,54%) yang belum tuntas. Kemudian nilai sikap 2,8 dengan kategori
baik, dan nilai keterampilan 2,6 dengan kategori baik. Tingkat ketuntasan klasikal mencapai 88,46% yang menunjukkan bahwa hasil belajar klasikal telah tuntas
(≥85%). Pada siklus I aktivitas mengajar guru tergolong kategori baik dengan persentase rata-rata yaitu 88%, dan pada siklus II aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan dengan persentase rata-rata yaitu 93% dengan kategori sangat baik. Pada siklus I aktivitas belajar siswa pada aspek sikap dan keterampilan tergolong dalam kategori kurang dengan persentase rata-rata pada
yaitu 65,96% sedangkan pada siklus II aktivitas belajar siswa pada aspek sikap dan keterampilan mengalami peningkatan dengan persentase yaitu 83,65% dengan
kategori baik. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema Cita-Citaku di kelas
IV SD Negeri 106806 Cinta Rakyat. Saran dari peneliti adalah melalui model Problem Based Learning ini semoga memberikan perbaikan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 110
Keywords: PBL; HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 19 Feb 2019 11:17
Last Modified: 26 Feb 2019 07:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31926

Actions (login required)

View Item
View Item