HASIBUAN, MISBAH (2018) PENGARUH PERMAINAN BALOK TERHADAP PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TKA PLUS ANNIZAM DENAI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM. 1141113019 MISBAH HASIBUAN - COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
02 NIM. 1141113019 MISBAH HASIBUAN - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (796kB) | Preview
03 NIM. 1141113019 MISBAH HASIBUAN - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
04 NIM. 1141113019 MISBAH HASIBUAN - PREFACE.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
05 NIM. 1141113019 MISBAH HASIBUAN - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
06 NIM. 1141113019 MISBAH HASIBUAN - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
07 NIM. 1141113019 MISBAH HASIBUAN - TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
08 NIM. 1141113019 MISBAH HASIBUAN - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
09 NIM. 1141113019 MISBAH HASIBUAN - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
13 NIM. 1141113019 MISBAH HASIBUAN - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14 NIM. 1141113019 MISBAH HASIBUAN - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya Kecerdasan interpersonal anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan balok terhadap pengembangan kecerdasan interpersonal anak usia 4-5 tahun di TKA Plus Annizam Denai T.A 2017 / 2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen research), dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh Kelompok A yang ada di TKA Plus Annizam Denai yang berjumlah 28 anak. Teknik
pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, yaitu memilih sampel secara acak dengan undian. Pengambilan pertama yakni memilih kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan pengundian 2 dari 2 kelas. Pengambilan pertama terambil datu kelas secara acak yaitu kelas eksperimen dan pengambilan kedua terambil satu kelas secara acak yakni kelas kontrol. Untuk kelas eksperimen 14 orang anak dilakukan dengan menggunakan kegiatan permainan balokdan pada kelas kontrol dengan 14 orang anak dilakukan dengan permainan puzzle. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa anak kelas eksperimen memiliki nilai terendah 9, nilai tertinggi 12 dan nilai rata – rata 10,42 yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang memiliki nilai terendah 6 dan nilai tertinggi 9 dengan rata – rata 7,5. Hal ini menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal anak pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan
anak kelas kontrol. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung= 6,759; nilai ini dibandingkan dengan ttabel dengan (dk= (n1 + n2) – 2 = 26 dan taraf α = 0,05).
Nilai thitung 6,759 dan nilai ttabel 1,706 dengan (dk = n1+n2) – 2 dan taraf α= 0,05) Nilai ttabeldengan taraf α = 0,05 diperoleh 1,706, sehingga dapat disimpulkan thitung>ttabel atau 6,759 > 1,706. Dengan demikian hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat dinyatakan ‘ada pengaruh signifikan permainan balok terhadap pengembangan kecerdasan interpersonal anak usia 4-5 tahun di TKA Plus Annizam Denai T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 019 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 11:04 |
Last Modified: | 26 Feb 2019 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31911 |