SITOHANG, IRENE LASRO (2018) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII SMP SWASTA METHODIST TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
3. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. DAFTAR ISI .pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (891kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan pendekatan Problem Posing lebih tinggi daripada Direct Instruction Learning di kelas VIII SMP Swasta Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttes. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan pendekatan Problem Posing dan Direct Instruction Learning sedangkan variabel terikat yaitu kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Tanjung Morawa tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 3 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 (kelas eksperimen) sebanyak 31 orang dan kelas VIII-2 (kelas kontrol) sebanyak 31 orang. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah tes. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas data menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil pretest kedua sampel berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian penulis bisa memberikan perlakuan kepada kedua sampel. Dari hasil analisis data pretest-posttes dengan menggunakan uji-t pada taraf diperoleh yaitu sehingga ditolak dan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan pendekatan Problem Posing lebih tinggi daripada Direct Instruction Learning di kelas VIII SMP Swasta Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 079 |
Keywords: | - |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 10:44 |
Last Modified: | 26 Feb 2019 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31901 |