UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATREMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP PERGURUAN SUMATERA TANJUNG MORAWA T.A 2017/2018

LUMBAN GAOL, KHAIRUNNISA (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATREMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP PERGURUAN SUMATERA TANJUNG MORAWA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4123111041 COVER.pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4123111041 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4123111041 APPROVAL SHEET.pdf.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4123111041 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4123111041 ABSTRACT.pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4123111041 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4123111041 PREFACE.pdf.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4123111041 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4123111041 CONTENTS.pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4123111041 CONTENTS.pdf.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4123111041 ILUSTRATIONS.pdf.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4123111041 ILUSTRATIONS.pdf.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4123111041 TABLES.pdf.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4123111041 TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4123111041 APPENDIX.pdf.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4123111041 APPENDIX.pdf.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4123111041 CHAPTER I.pdf.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4123111041 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4123111041 CHAPTER V.pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4123111041 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4123111041 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4123111041 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi Bilangan Bulat di Kelas VII-5 SMP Perguruan Sumatera Tanjung Morawa. Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan lembar observasi aktivitas pencapaian waktu ideal aktivitas aktif siswa pada siklus I dan siklus II. Tes hasil kemampuan pemecahan masalah matematika yang berbentuk uraian yaitu Tes hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siklus I sebanyak 3 soal dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa siklus II terdiri dari 4 soal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dibagi atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 1 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil tes awal sampai tes kemampuan pemecahan masalah siswa. Banyaknya siswa yang mencapai
kriteria kemampuan pemecahan masalah dari tes awal yaitu 9 dari 35 siswa atau 25,8% dengan rata-rata kelas 50,53. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan metode pembelajaran Two Stay Two Stray menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai kriteria kemampuan pemecahan masalah adalah 15 dari 35 siswa atau 42,79% dengan rata-rata kelas 53,57. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyak siswa yang mencapai kriteria kemampuan pemecahan masalah yaitu 30 dari 35 siswa atau 85,71% dengan rata-rata kelas 83,14. Ini berarti terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dari siklus I hingga siklus II.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalalui metode pembelajaran Two Stay Two Stray, kemampuan pemecahan masalah siswa khususnya pada materi bilangan bulat kelas VII-5 SMP Perguruan Sumatera Tanjung Morawa meningkat.
Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkan metode pembelajaran Two Stay Two Stray sebagai alternatif dalam pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 073
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika; Model Pembelajaran Two Stay Two Stray; Bilangan Bulat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 19 Feb 2019 09:42
Last Modified: 25 Feb 2019 03:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31812

Actions (login required)

View Item
View Item