PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIFE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN CABRI 3D DI SISWA KELAS IX SMP SWASTA RK DELI MURNI BANDAR BARU T.P 20

GINTING, ABILSON (2019) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIFE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN CABRI 3D DI SISWA KELAS IX SMP SWASTA RK DELI MURNI BANDAR BARU T.P 20. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 4142111034 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM 4142111034 COVER.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 4142111034 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2 NIM 4142111034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM 4142111034  ABTRACT.pdf]
Preview
Text
3 NIM 4142111034 ABTRACT.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM 4142111034 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4 NIM 4142111034 PREFACE.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM 4142111034 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5 NIM 4142111034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM 4142111034 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6 NIM 4142111034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM 4142111034 TABLES.pdf]
Preview
Text
7 NIM 4142111034 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM 4142111034 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8 NIM 4142111034 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM 4142111034 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9 NIM 4142111034 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (780kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 4142111034 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 NIM 4142111034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 4142111034  BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14 NIM 4142111034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Cabri 3D lebih tinggi dari model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan Cabri 3D di siswa kelas IX SMP Swasta RK Deli Murni Bandar Baru T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Swasta RK Deli Murni Bandar Baru T.P 2018/2019 yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling dan banyak sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, kelas pertama disebut sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Cabri 3D dan kelas kedua disebut sebagai kelas eksperimen II dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan Cabri 3D. Penelitian ini menggunakan instrimen tes kemampuan pemecahan masalah matematik berupa uraian sebanyak 5 soal. Dari hasil analisis data diperoleh rata – rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Cabri 3D adalah 41,93 dengan simpangan baku 5,57 dan rata – rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan Cabri 3D adalah 39,03 dengan simpangan baku 5,21. Untuk uji hipotesis digunakan uji t satu pihak yaitu pihak kanan, dari hasil perhitungan diperoleh t_hitung>t_tabel=2,082>1,671 yang berarti bahwa H_0 ditolak dan H_a diterima. Sehingga disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Cabri 3D lebih tinggi dari model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan Cabri 3D di siswa kelas IX SMP Swasta RK Deli Murni Bandar Baru T.P 2018/2019

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 MAT 071
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Dan Think Pair Share (Tps), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa, Cabri 3d
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 19 Feb 2019 09:37
Last Modified: 08 Apr 2019 04:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31805

Actions (login required)

View Item
View Item