GINTING, ABILSON (2019) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIFE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN CABRI 3D DI SISWA KELAS IX SMP SWASTA RK DELI MURNI BANDAR BARU T.P 20. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4142111034 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2 NIM 4142111034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
3 NIM 4142111034 ABTRACT.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
4 NIM 4142111034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
5 NIM 4142111034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6 NIM 4142111034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
7 NIM 4142111034 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8 NIM 4142111034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
9 NIM 4142111034 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (780kB) | Preview
13 NIM 4142111034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
14 NIM 4142111034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Cabri 3D lebih tinggi dari model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan Cabri 3D di siswa kelas IX SMP Swasta RK Deli Murni Bandar Baru T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Swasta RK Deli Murni Bandar Baru T.P 2018/2019 yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling dan banyak sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, kelas pertama disebut sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Cabri 3D dan kelas kedua disebut sebagai kelas eksperimen II dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan Cabri 3D. Penelitian ini menggunakan instrimen tes kemampuan pemecahan masalah matematik berupa uraian sebanyak 5 soal. Dari hasil analisis data diperoleh rata – rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Cabri 3D adalah 41,93 dengan simpangan baku 5,57 dan rata – rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan Cabri 3D adalah 39,03 dengan simpangan baku 5,21. Untuk uji hipotesis digunakan uji t satu pihak yaitu pihak kanan, dari hasil perhitungan diperoleh t_hitung>t_tabel=2,082>1,671 yang berarti bahwa H_0 ditolak dan H_a diterima. Sehingga disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Cabri 3D lebih tinggi dari model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan Cabri 3D di siswa kelas IX SMP Swasta RK Deli Murni Bandar Baru T.P 2018/2019
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 071 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Dan Think Pair Share (Tps), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa, Cabri 3d |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 09:37 |
Last Modified: | 08 Apr 2019 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31805 |