maisyara, Helvi (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X DI SMK NEGERI PEUREULAK KABUPATEN ACEH TIMUR. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156122036 COVER.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
2. NIM. 8156122036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
3. NIM. 8156122036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
4. NIM. 8156122036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
5. NIM. 8156122036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 8156122036 TABLES.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
7. NIM. 8156122036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
8. NIM. 8156122036 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
9. NIM. 8156122036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (693kB) | Preview
13. NIM. 8156122036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
14. NIM. 8156122036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah hasil belajar sejarah antara siswa yang di
ajarkan dengan strategi pembelajaran jigsaw lebih tinggi dari strategi pembelajaran STAD. (2)
Apakah hasil belajar sejarah siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran jigsaw yang memiliki
minat belajar tinggi, lebih tinggi daripada hasil belajar sejarah siswa yang diajarkan dengan strategi
pembelajaran STAD. (3) Apakah terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan minat belajar
terhadap hasil belajar sejarah siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMK Negeri 1
Peureulak dan siswa SMK Negeri 1 Peureulak Timur Kabupaten Aceh Timur, kelas X
Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan
cluster random sampling berdasarkan masing-masing terdiri dari 36 untuk kelas ekperimen
pertama dan 36 orang untuk kelompok ekperimen kedua. Metode penelitian yang digunakan
adalah quasi eksperimen dengan faktorial 2 x 2. Teknik analisa yang digunakan adalah analis
varians dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan Uji F, pengujian lanjut
menggunakan Uji Sccheffe. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar sejarah siswa yang
diberi strategi pembelajaran jigsaw lebih tinggi daripada pembelajaran strategi STAD. (2) hasil
belajar sejarah siswa yang memiliki minat belajar tinggi , lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa
yang memiliki minat belajar rendah dengan STAD. (3) terdapat interaksi antara Strategi Pembelajaran
dan Minat Belajar dalam mempengaruhi hasil belajar sejarah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.8 Ram p |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Kooperatif, Minat Belajar dan Hasil Belajar Sejarah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 01 Feb 2019 10:17 |
Last Modified: | 01 Feb 2019 10:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31688 |