Damanik., Merry (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8166122014 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2 NIM. 8166122014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
3 NIM. 8166122014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4 NIM. 8166122014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
5 NIM. 8166122014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6 NIM. 8166122014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
7 NIM. 8166122014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
8 NIM. 8166122014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9 NIM. 8166122014 BAB I.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
13 NIM. 8166122014 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
14 NIM. 8166122014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan
media pembelajaran bahasa Indonesia interaktif dengan Adobe Flash CS6 materi
teks berita Kelas VIII SMP Negeri 5 Tanjung Morawa TA. 2018/2019, (2)
mengetahui kelayakan dan keefektifan pengembangan media pembelajaran
interaktif dengan Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi
teks berita untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tanjung Morawa
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan
model pengembangan dengan mengadobsi model William. Model pengembangan
produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dan
sitematis yang disesuaikan dengan karakteristik pelajaran dan peserta didik.
Subjek uji coba terdiri dari dua ahli materi bidang studi Bahasa Indonesia, dua
ahli desain pembelajaran, dua ahli media/ domain konstruksi multimedia, tiga
siswa untuk uji perorangan, 9 siswa untuk uji coba kelompok, dan 30 siswa untuk
uji coba lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan
dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis
deskriftif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan (1) uji ahli materi mata pelajaran Bahasa
Indonesia berada pada kualifikasi sangat, (2) uji ahli desain pembelajaran berada
pada kualifikasi sangat baik, (3) uji ahli ahli media/desain grafis berada pada
kualifikasi sangat baik, (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat
baik ,uji coba kelompok berada pada kualifikasi sangat baik, uji coba lapangan
berada pada kualifikasi sangat baik. Produk akhir dari pengembangan ini
dilanjutkan dengan uji keefektifan. Penelitian ini di lakukan di Kelas III VIII SMP
Negeri 5 Tanjung Morawa semester ganjil.Berjumlah 60 orang.
Hasil pengujian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara
hasil belajar bahasa Indonesia materi teks berita Kelas VIII SMP Negeri 5
Tanjung Morawa TA. 2018/2019 dengan menggunakan media pembelajaran
interaktif adobe flash CS6 dengan hasil belajar Bahasa Indonesia materi teks
berita Kelas VIII SMP Negeri 5 Tanjung Morawa TA. 2018/2019 tanpa
menggunakan media pembelajaran interaktif adobe flash CS6. Hal ini ditunjukkan
dengan hasil data thit = 4,03 ttabel0,05(2,59) = 1,67 maka th (4,03) >tt (1,67 ) untuk
taraf signifikansi (α=0,05) atau dengan kata lain Ha diterima dan Ho ditolak,
efektifitas penggunaan media pembelajaran sebesar 82,44 %, tanpa media yaitu
74,37 %. Data ini membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif
teks berita lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dari pada tanpa
menggunakan media pembelajaran interaktif.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371 Dam p |
Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Bahasa Indonesia, Teks Berita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Jan 2019 09:58 |
Last Modified: | 15 Jan 2019 09:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31660 |