Esterida (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 36 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143311011 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2. NIM. 4143311011 LEMBAR PENGESAHAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
3. NIM. 4143311011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM 4143311011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. NIM. 4143311011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6. NIM. 4143311011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9. NIM. 4143311011 BAB I.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
7. NIM. 4143311011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
13. NIM. 4143311011 BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 4143311011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan
masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS)
memiliki dampak yang positif atau negative serta adanya peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa pada materi pecahan dengan menerapkan
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas VII SMP Negeri 36
Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas. Objek penelitian ini
adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)
pada materi bilangan pecahan tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VII-5 sebanyak 31 orang.
Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran
kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi Pecahan memberikan
peningkatan pada hasil tes kemampuan pemecahan masalah. Dengan model ini
siswa pun dapat belajar berkelompok secara heterogen, sehingga dengan hal
demikian siswa lebih aktif lagi dalam proses pembalajaran dan siswa memiliki
peningkatan dalam hasil belajar di kelas.
Hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada siklus I
diperoleh 67,86 % ,siswa belum memenuhi kriteria kemampuan pemecahan
masalah matematika dengan nilai rata – rata kemampuan pemecahan masalah 2,67
atau mendapat nilai 67. Dan pada siklus II diperoleh 89,655 % siswa telah
memenuhi kriteria kemampuan pemecahan masalah matematika dengan nilai rata
– rata kemampuan pemecahan masalah 3,24 atau dengan nilai 81.
Persentase ketuntasan secara klasikal pada siklus I diperoleh persentase
siswa yang memenuhi kriteria kemampuan pemecahan masalah matematika
sebesar 67,86 % dan pada siklus II diperoleh persentase siswa yang memenuhi
kriteria kemampuan pemecahan masalah sebesar 89,655 %.
Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Think
Pair Share semakin baik dari siklus I hingga siklus II. Dilihat dari hasil observasi
proses pembelajaran yang mengalami peningkatan dari nilai rata – rata 2,52 baik
di siklus I menjadi 2,93 baik di siklus II. Maka dari hasil penelitian dapat
disimpulkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik
siswa melalui penerapan pembelajaran kooperati tipe Think Pair Share pada
materi bilangan pecahan di kelas VII-5 SMP Negeri 36 Medan tahun ajaran
2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 196 |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 10:26 |
Last Modified: | 05 Dec 2018 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31400 |