ATMAJAYA, EDYSON (2018) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP DISIPLIN SEKOLAH PADA SISWA KELAS IX SMA SWASTA YP RAKSANA MEDAN T.A 2019/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143151015_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1143151015_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
3. NIM. 1143151015_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. NIM. 1143151015_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
5. NIM. 1143151015_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 1143151015_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1143151015_BAB I.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
12. NIM. 1143151015_BAB V.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
13. NIM. 1143151015_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan
Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Disiplin Sekolah Pada Siswa kelas XI SMA
Swasta YP Raksana Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah : Apakah ada Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok
Teknik Diskusi Terhadap Disiplin Sekolah Pada Siswa kelas XI SMA Swasta YP
Raksana Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen
semu dengan one pre-test - post-test group design. Penelitian ini dilaksanakan
pada bulan Juli s/d September 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI . Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 10 orang siswa
kelas XI IPS 2 yang memiliki skor terendah yang telah dibagi angket disiplin
sekolah dan akan diberi layanan bimbingan kelompok teknik diskusi. Kemudian
data dianalisis menggunakan uji wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh
signifikan pemberian bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap disiplin
sekolah pada siswa. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor test
awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 113,9, standar
deviasi = 119.47sedangkan skor (post-test) diperoleh - rata =134,3, standar deviasi
= 452,16. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa
pada uji jenjang wilcoxon diperoleh J hitung = 21 sedangkan j tabel = 8. Dari tabel
nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n = 10, α = 0,05 sesuai
dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika J hitung
> J tanel yaitu Uji Jhitung > Jtabel dimana 21> 8, dari perhitungan ini dapat dilihat
pengaruh perlakuan pada kelompok ekperimen artinya pengaruh pemberian
layanan bimbingan kelompok teknik diskusi penguasaan lebih signifikan (21>8).
Ini berarti hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan pemberian Bimbingan
Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Disiplin Sekolah Pada Siswa kelas XI SMA
Swasta YP Raksana Medan Tahun Ajaran 2018/2019 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BK 100 |
Keywords: | Layanan Bimbingan Kelompok, Diskusi, Disiplin dan Sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 09:41 |
Last Modified: | 10 Dec 2018 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31375 |