AZHARI, ANIN SARASWATI (2018) LINTASAN BELAJAR BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PERSEGI PANJANG DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN METAKOGNITIF SISWA KELAS VII SMP SWASTA AN-NIZAM MEDAN T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1_NIM._4141111003_COVER.PDF - Published Version
Download (36kB) | Preview
2 NIM. 4141111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
3_NIM._4141111003_ABSTRACT.PDF - Published Version
Download (431kB) | Preview
4_NIM._4141111003_PREFACE.PDF - Published Version
Download (229kB) | Preview
5_NIM._4141111003_TABLE_OF_CONTENTS.PDF - Published Version
Download (276kB) | Preview
6_NIM._4141111003_ILLUSTRATION.PDF - Published Version
Download (271kB) | Preview
7_NIM._4141111003_TABLES.PDF - Published Version
Download (220kB) | Preview
9_NIM._4141111003_CHAPTER_I.PDF - Published Version
Download (686kB) | Preview
13_NIM._4141111003_CHAPTER_V.PDF - Published Version
Download (414kB) | Preview
14_NIM._4141111003_BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version
Download (320kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir
kreatif matematis siswa kelas VII SMP Swasta An-Nizam Medan dengan
penerapan pendekatan metakognitif, untuk mengetahui tahapan proses berpikir
kreatif matematis dan pengetahuan kognitif siswa kelas VII SMP Swasta An-
Nizam Medan dengan penerapan pendekatan metakognitif, dan untuk menemukan
lintasan belajar berpikir kreatif matematis siswa SMP Swasta An-Nizam Medan
melalui penerapan pendekatan metakognitif berdasarkan persfektif teori.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development
research) dengan menggunakan design research (penelitian desain) yang
dilaksanakan dalam 2 uji coba, pada pilot experiment (uji coba 1) subjek
penelitian berjumlah 8 siswa yang diambil dari kelas VII-A dan pada teaching
experiment (uji coba 2) subjek penelitian berjumlah 32 siswa kelas VII-C. Objek
penelitian ini adalah perilaku kreatif siswa dan kegiatan belajar saat proses
pembelajaran matematika di kelas berlangsung dengan penerapan pendekatan
metakognitif pada materi ajar “persegi panjang” Tahun Ajaran 2018/2019. Data
yang diperlukan dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif dengan
pendekatan metakognitif pada pilot experiment (uji coba 1) dan pada teaching
experiment (uji coba 2) sebanyak 5 butir soal. Berdasarkan hasil analisis data
kemampuan dan tahapan proses berpikir kreatif setelah diujicobakan pada uji coba
1 dan 2 yaitu: pada pilot experiment (uji coba 1) secara klasikal/keseluruhan dari 8
siswa terdapat 3 siswa yang memiliki kriteria sangat kreatif dengan persentase
37,5%, terdapat 4 siswa yang memiliki kriteria kreatif dengan persentase 50% (7
siswa tersebut dengan tahapan proses berpikir kreatif kategori tinggi) dan terdapat
1 siswa yang memiliki kriteria cukup kreatif dengan persentase 12,5% (1 siswa
tersebut dengan tahapan proses berpikir kreatif kategori sedang). Sedangkan pada
teaching experiment (uji coba 2), secara klasikal/keseluruhan dari 32 siswa
terdapat 28 siswa yang memiliki kriteria sangat kreatif dengan persentase 87,5%
dan terdapat 4 siswa yang memiliki kriteria kreatif dengan persentase 12,5% (32
siswa tersebut dengan tahapan proses berpikir kreatif kategori tinggi). Persentase
ketuntasan klasikal pada pilot experiment (uji coba 1) sebesar 87,5%. Persentase
ketuntasan klasikal pada teaching experiment (uji coba 2) sebesar 90,625%. Hasil
uji homogenitas diperoleh
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 207 |
Keywords: | Lintasan Belajar; Berpikir Kreatif; Pendekatan Metakognitif |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 09:27 |
Last Modified: | 10 Dec 2018 08:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31367 |