SIREGAR, ELLY RAHMAYANI (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PEMBELAJARAN REALITSIK DI KELAS IX MTS NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141111011 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM. 4141111011 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
3. NIM. 4141111011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4. NIM. 4141111011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
5. NIM. 4141111011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
6. NIM. 4141111011 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7. NIM. 4141111011 TABLES.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
9. NIM. 4141111011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (712kB) | Preview
13. NIM. 4141111011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
14. NIM. 4141111011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan
berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran
kontekstual dan pembelajaran realistik di kelas IX MTs Negeri 2 Medan. Jenis
penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas IX MTs Negeri 2 Medan T.A. 2018/2019. Sampel penelitian
ini adalah siswa dua kelas yang telah dipilih secara acak yaitu siswa kelas IX-1
menjadi kelas eksperimen I dengan pendekatan pembelajaran kontekstual dan
siswa kelas IX-3 menjadi kelas eksperimen II dengan pendekatan pembelajaran
realistik dengan masing-masing kelas terdiri dari 40 orang siswa. Penelitian ini
menggunakan dua jenis instrumen yaitu pretest dan posttest yang telah divalidasi
dalam bentuk soal uraian. Pada kelas eksperimen I, nilai rata-rata pretest adalah
43,63 dan nilai rata-rata posttest adalah 78,94, sedangkan pada kelas eksperimen
II, nilai rata-rata pretest adalah 42,66 dan nilai rata-rata posttest adalah 68,41.
Dari hasil analisis data pretest dan posttest dilakukan uji normalitas untuk
mengetahui apakah data berdistribusi normal dan uji homogenitas untuk
mengetahui apakah data homogen. Setelah diuji, terbukti data berdistribusi normal
dan homogen. Setelah data pretest dan posttest terbukti berdistribusi normal dan
homogen, dilakukan uji hipotesis untuk menjawab hipotesis penelitian dengan
menggunakan uji-t. dari hasi uji hipotesis diperoleh 5,489 1,665 hitung tabel t t
sementara kriteria ( 1,665) (5,489) (1,665) tabel hitung tabel t t t (tidak memenuhi)
sehingga tolak H0 dan terima Ha. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan
kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar dengan pendekatan
pembelajaran kontekstual dan pembelajaran realistik di kelas IX MTs Negeri 2
Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 202 |
Keywords: | Pendekatan Pembelajaran Kontekstual, Pendekatan Pembelajaran Realistik, Berpikir Kritis Matematis |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 03 Dec 2018 09:51 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31327 |