landong, Ahmad (2018) PENGARUH QUANTUM LEARNING BERBASIS BUDAYA MANDAILING NATAL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SD NEGERI 127 PAGUR KEC. PANYABUNGAN TIMUR KAB. MANDAILING NATAL T.A 2017/2018. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166181002 COVER.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
2. NIM. 8166181002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
3. NIM. 8166181002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
4. NIM. 8166181002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
5. NIM. 8166181002 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
6. NIM. 8166181002 TABLES.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
7. NIM. 8166181002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 8166181002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8166181002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
13. NIM. 8166181002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan Quantum Learning Berbasis Budaya Mandailing Natal dengan siswa yang dibelajar melalui Pembelajaran Langsung. (2) Perbedaan kemampuan komunikasi matematis Siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi dengan siswa aktivitas belajar rendah. (3) Interaksi antara kedua model pembelajaran tingkat aktivitas belajar siswa dalam mempengaruhi kemampuan komunikai matematis. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 127 Pagur Kec. Panyabungan Timur Kab. Mandailing Natal T.A 2017/2018 berjumlah 46 siswa, sedangkan sampel penelitian berjumlah 24 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan komunkasi matematis yang berupa uraian dan angket aktivitas belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji anava dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan melalui Quantum Learning berbasis budaya Mandailing Natal dengan siswa yang memperoleh Pembelajaran Langsung, hal ini terlihat dari niai rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan Quantum Learning berbasis Budaya Mandailing Natal ( ̅ ), sedangkan yang diajar dengan model Pembelajaran Langsung ( ̅ ) dengan nilai sig.0,05; (2) terdapat pengaruh aktivitas siswa yang diberikan Quantum Learning berbasis budaya Mandailing Natal dengan Pembelajaran Langsung, hal ini terlihat dari nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang beraktivitas tinggi ( ̅ ) sedangkan siswa yang beraktivitas rendah ( ̅ ) dengan sig. 0,000<0,05 ; (3) terdapat interaksi kedua model dengan aktivitas belajar siswa dalam mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa dengan sig. 0,047, dimana kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan Quantum Learning berbasis budaya Mandailing Natal yakni kelompok tinggi ̅ dan kelompok rendah ̅ lebih besar jika dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran Langsung yaitu kelompok tinggi ̅ dan kelompok rendah ̅ . Dari pernyataan-pernyataan di atas, penerapan Quantum Learning berbasis budaya Mandailing dapat mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.071 2 Lan p |
Keywords: | Model Quantum Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis., Budaya Mandailing, Aktivitas Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM621 Culture L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Nov 2018 07:37 |
Last Modified: | 16 Nov 2018 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31285 |