Ngadino (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 KECAMATAN BINJAI KABUPATEN LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.
1500081188230113 Abstrak.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
1500081188230113 PEngantar.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
1500081188230113 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
1500081188230113 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
1500081188230113 Bab V.pdf - Published Version
Download (893kB) | Preview
1500081188230113 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar PKn siswa yangdibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif struktural lebih tinggidaripada siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif Jigsaw,(2) siswa yang memiliki konsep diri positif memperoleh -hasil belajar PKn yanglebih tinggi daripada siswa yang memiliki konsep diri negatif, (3), interaksi antarastrategi pembelajaran dan konsep diri dalam memberikan pengaruh terhadap hasilbelajar PKn siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kecamatan BinjaiKabupaten Langkat, pada tahun pelajaran 2010-2011. Populasi penelitian iniadalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Binjai KabupatenLangkat sebanyak 240. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik clusterrandom sampling dan selanjutnya rnelalui pengundian maka kelas VIII-a terpilihsebagai kelas yang diberi perlakuan dengan pembelajaran Kooperatif Strukturaldan kelas VIII-c terpilih sebagai kelas yang diberi perlakuan dengan pembelajaranKooperatif Jigsaw. Data Konsep Diri dikumpulkan menggunakan- angket dan datahasil belajar PKn dengan tes, Sebelum Insintmen digunakan terlebih dahufu divalidkan. Hasil uji persyaratan menunjukkan sebaran data hasil belajar PKn danKonsep Diri adalah berdistribusi normal dan homogen. Hipotesis penelitian diujidengan menggunakan uji ANAVA dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasilpenelitian ini menunjukkan: (1) Hasil belajar PKn siswa jika dibelajarkan denganmenggunakan strategi pembelajaran koperatif struktural (19,00±0,701) lebihtinggi daripada yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif jigsaw(17,88±0,464) dimana strategi pembelajaran memberi pengaruh signifikanterhadap hasil belajar siswa (F= 1.262, P=0,265<0,05), (2) Siswa yang memilikikonsep diri positif (20,80±0,425) memperoleh hasil belajar PKn lebih tinggidaripada siswa yang memiliki konsep diri negatif (15,56±0,437) dimana konsepdiri memberi pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa (F=92.931,P=0,000<0,05), (3) Terdapat pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan konsepdiri terhadap kemampuan hasil belajar PKn siswa (F=22.209, P=0,000<0,05).Temuan ini mengimplikasikan bahwa strategi pembelajaran kooperatif strukturaltepat digunakan pada mata pelajaran PKn pada pokok bahasan norma. Temuan inijuga mengimplikasikan bahwa strategi pembelajaran kooperatif struktural tepatdigunakan pada siswa yang memiliki konsep diri positif dan negatif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Nga p |
Keywords: | PKn; Konsep Diri; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 03 Jun 2016 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3128 |