Putri, Sri (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN SIKAP SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 TANJUNGBALAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 815122030 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 815122030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
3. NIM. 815122030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM. 815122030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
5. NIM. 815122030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM. 815122030 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 815122030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM. 815122030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 815122030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
13. NIM. 815122030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 815122030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana hasil belajar
Matematika peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan Model
Pembelajaran Kooeperatif tipe STAD dan hasil belajar Matematika peserta didik
yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Langsung, (2) Bagaimana hasil
belajar Matematika antara peserta didik dengan Sikap positif tinggi dan hasil
belajar peserta didik dengan Sikap Negatif rendah, (3) Apakah terdapat interaksi
antara Model Pembelajaran (STAD dan Langsung) dan Sikap dalam
mempengaruhi hasil belajar Matematika.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 8 Tanjungbalai. Sedangkan
populasi untuk siswa sebanyak 129 siswa. Sampel Sekolah untuk penelitian
adalah SMP Negeri 8. Penelitian diletakkan pada kelasXIII A dan VIII B
Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk sampel penelitian adalah 66
siswa, yaitu 34 siswa diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Tipe
STAD, dan 32 siswa diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran
Langsung. Metode penelitian dengan menggunakan quasi eksperimen dengan
desain faktorial 2 x 2, Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua
jalur dengan taraf signifikan α = 0.05 dan dilanjutkan dengan Uji Sccheffe.
Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar Matematika siswa yang
diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Tipe STAD lebih tinggi bila
dibandingkan dengan hasil belajar Matematika siswa yang diajarkan dengan
menggunakan Model Pembelajaran Langsung, hal ini ditunjukkan oleh nilai F
hitumg > Ftabel. dengan nilai Fhitung 4.19> Ftabel 3.96; (2) hasil belajar Matematika
siswa yang memiliki Sikap Positif tinggi lebih tinggi dibandingkan hasil belajar
siswa yang memiliki Sikap Negatif Rendah rendah dengan nilai Fhitung = 3.97>
Ftabel = 3.96; (3) terdapat interaksi antara Model Pembelajaran dan Sikap dalam
memengaruhi hasil belajar Matematika dengan nilai Fhitung kolom – baris
(interaksi) lebih besar dari Ftabel (Fhitung = 4.01> Ftabel = 3.96) pada taraf
signifikansi 0.05.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Tipe STAD
lebih baik dari pada Model pembelajaran Langsung dalam meningkatkan hasil
belajar Maematika siswa. Siswa yang memiliki Sikap Positif tinggi memperoleh
hasil belajar Matematika lebih tinggi daripada siswa yang memiliki Sikap Negatif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.15 Put p |
Keywords: | Hasil Belajar, Sikap, STAD, Langsung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Nov 2018 04:50 |
Last Modified: | 15 Nov 2018 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31265 |