Rohima (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD AL IKHLASH TAQWA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM. 8156122026 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
02. NIM. 8156122026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
03. NIM. 8156122026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
04. NIM. 8156122026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
05. NIM. 8156122026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
06. NIM. 8156122026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
07. NIM. 8156122026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
08. NIM. 8156122026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
09. NIM. 8156122026 BAB I.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
13. NIM. 8156122026 BAB V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
14. NIM. 8156122026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA
siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan
model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, (2) mengetahui perbedaan hasil
belajar IPA siswa yang memiliki kemandirian tinggi dengan siswa yang memiliki
kemandirian rendah, (3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran
kooperatif dengan kemandirian terhadap hasil belajar IPA siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian
berjumlah 96 siswa yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas V-A sampai dengan V-C,
sedangkan sampel berjumlah 66 siswa yang terdiri dari kelas V-A dan V-B
dengan menggunakan random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes
hasil belajar IPA dan angket kemandirian belajar. Teknik analisis data
menggunakan Analisis Varian (Anava) dua jalur dengan desain faktorial 2x2.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar IPA siswa dalam
pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi jika
dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Hal ini
ditunjukkan oleh Fhitung 15,31 > Ftabel 3,99 pada taraf signifikan α = 0,05; (2) hasil
belajar IPA siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi lebih tinggi daripada
siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung
19,55 > Ftabel 3,99 pada taraf signifikan α = 0,05; (3) terdapat interaksi antara
model pembelajaran dan kemadirian belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. Hal
ini ditunjukkan oleh Fhitung 5,82 > Ftabel 3,99 pada taraf signifikan α = 0,05.
Berdasarkan hasil análisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
kooperatif tipe STAD lebih tepat digunakan pada siswa yang memiliki
kemandirian belajar tinggi dan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw tepat
digunakan untuk siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.2 Roh p |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar IPA. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC901 Islamic education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Nov 2018 04:41 |
Last Modified: | 15 Nov 2018 04:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31264 |