TAMBUNAN, PINTA ULI (2018) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA FABEL SISWA KELAS VII SMP SWASTA MASYARAKAT SEMPUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2133111060 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 2133111060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
3. NIM 2133111060 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM 2133111060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM 2133111060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
6. NIM 2133111060 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 2133111060 BAB 1.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
12. NIM 2133111060 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
13. NIM 2133111060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap
kemampuan menulis cerita fabel. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VII SMP Swasta Masyarakat Sempung tahun pembelajaran 2017/2018 yang
berjumlah 107 siswa dan terdiri dari tiga kelas. Sampel diambil secara acak yaitu
VII-B yang berjumlah 35 siswa. Metode yang digunakan adalah metode
eksperimen one group pre-test and post-test design, dengan instrumen tes esai.
Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menulis cerita fabel siswa
sebelum menerapkan pendekatan saintifik termasuk kedalam kategori cukup
dengan nilai rata-rata 67,14 dan standar deviasi 7,49, sedangkan kemampuan
menulis cerita fabel siswa sesudah menerapkan pendekatan saintifik termasuk
kedalam kategori baik dengan nilai rata-rata 79,14 dan standar deviasi 7,97. Dari
uji data didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat
bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji
nomalitas dan homogenitas, diperoleh sebesar 6,7. Selanjutnya setelah
diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5%
dengan df = N-1, df = 35-1= 34 diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 2,03.
Karena yang diperoleh lebih besar dari pada yaitu 6,7 2,03, maka Ho
ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan atas penerapan pendekatan saintifik terhadap
kemampuan menulis cerita fabel siswa kelas VII SMP Swasta Masyarakat
Sempung tahun pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 140 |
Keywords: | Pendekatan Saintifik; Menulis; Cerita Fabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 26 Oct 2018 11:40 |
Last Modified: | 26 Oct 2018 07:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31215 |