AGATI, FANINDRIA (2018) ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN SAINTIFIK MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141141026 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4141141026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
3. NIM. 4141141026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
4. NIM. 4141141026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM. 4141141026 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 4141141026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7. NIM. 4141141026 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 4141141026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
13. NIM. 4141141026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 4141141026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan metakognitif siswa pada pembelajaran saintifik di kelas X SMA Negeri 1 Labuhan Deli T.P 2018/2019. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA T.P 2018/2019 di SMA Negeri 1 Labuhan Deli yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 1 kelas (36 siswa) yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, soal dan lembar observasi yang ditujukan pada siswa dan wawancara kepada guru bidang studi biologi. Hasil analisis data yang diperoleh adalah persentase keterampilan metakognitif siswa berdasarkan hasil angket adalah 72% dalam kriteria tinggi, berdasarkan hasil essay test sebesar 55,6% berada pada kriteria sedang dan persentase rata-rata hasil observasi pembelajaran saintifik terhadap siswa sebesar 57% berada pada tingkatan kriteria sedang. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai r= 0,83 dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan hasil t hitung > t tabel=15,61 > 2,028 berarti H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan keterampilan metakognitif dengan pembelajaran saintifik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 214 |
Keywords: | Keterampilan Metakognitif, Pembelajaran Saintifik |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 26 Oct 2018 11:02 |
Last Modified: | 13 Nov 2018 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31193 |