Tambunan, Novidawaty (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK 1 SISWA SMK DI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1500081188210049 Abstrak.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
1500081188210049 Pengantar.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
1500081188210049 Daftar ISi.pdf - Published Version
Download (682kB) | Preview
1500081188210049 Bab I.pdf - Published Version
Download (929kB) | Preview
1500081188210049 Bab V.pdf - Published Version
Download (843kB) | Preview
1500081188210049 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan hasil belajarMenggambar teknik I antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran MindMap dan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori,(2) Perbedaan hasil belajar Menggambar teknik 1 antara siswa yang memilikigaya belajar visual dengan yang memiliki gaya belajar kinestetik, (3) interaksiantara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar Menggambarteknik 1.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan BangunanSMK Negeri 2 dan SMK Negeri 5 Medan, berjumlah 145 orang yang berasal dari4 kelas. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling.Jumlah sampel dalam penelitian untuk strategi pembelajaran Mind Map terdiridari 36 siswa dan 40 siswa untuk strategi pembelajaran ekspositori. Instrumenpengukuran untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihanberganda dengan 4 pilihan jawaban yang terdiri dari 30 soal yang memilikikoefisien reliabilitas sebesar 0,82. Metode penelitian yang menggunakan metodequasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis datamenggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05.Temuan penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar Menggambarteknik 1 siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Mind Map (X = 22,55),lebih tinggi dart pada hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaranekspositori (X= 21,35), dengan Fhitung = 5,72 > Ftabel = 3,97, (2) hasil belajarMenggambar teknik I siswa yang memiliki gaya belajar Kinestetik (X = 23,02)lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar Visual (X =20,72), dengan Fhitung = 5,19 > Ftabel = 3,97, (3) terdapat interaksi antara strategipembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar Menggambar teknik 1,dengan Fhitung= 36,91 > Ftabel =3,97. Perhitungan uji lanjut dengan uji Scheffemenunjukkan hasil belajar Menggambar teknik 1 siswa yang memiliki gayabelajar kinestetik lebih tinggi bila diajar dengan strategi pembelajaran Mind Map,sedangkan hasil belajar Menggambar teknik 1 siswa yang memiliki gaya belajarvisual lebih tinggi bila diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.23 Tam p |
Keywords: | Belajar Siswa;Strategi PembelajaranGaya; Teknik ; Mechanical Drawing;Gambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 27 May 2016 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3110 |