MAYANGSARI, ADE PUTRI (2018) PENGARUH KONSELING KOGNITIF PERILAKU TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS IX MTS NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 208/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143151002_COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 1143151002_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
3. NIM. 1143151002_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM. 1143151002_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. NIM. 1143151002_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 1143151002_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1143151002_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1143151002_BAB I.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
13. NIM. 1143151002_BAB V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM. 1143151002_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kognitif perilaku teknik restrukturisasi kognitif terhadap kejenuhan belajar pada siswa kelas IX
MTs Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei s/d Agustus 2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pra experiment rancangannya jenis Pre test-post test group design. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2018/2019 yang memiliki kejenuhan belajar di dalam kelas sejumlah 10 orang. Subjek diambil dengan menggunakan screening (penyaringan) dengan
karakteristik siswa yang memiliki kejenuhan belajar yang tinggi dari hasil analisis angket. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket kejenuhan belajar berjumlah 40 item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung = 15 dengan =
0,05, adapun J tabel = 8. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana 15 > 8. Artinya hipotesis diterima. Data pre-test diperoleh rata-rata 137, sedangkan
data post-test setelah diberikan teknik restrukturisasi kognitif diperoleh rata-rata sebesar 68, selisih antara pretest dan posttest sebesar 69 dan perubahan interval
kejenuhan belajar pada siswa setelah diberi teknik restrukturisasi kognitif sebesar 50,36 %. Artinya skor rata-rata siswa yang memiliki kejenuhan belajar setelah
mendapat teknik restrukturisasi kognitif lebih rendah dari pada sebelum mendapat teknik restrukturisasi kognitif. Hal ini menunjukkan ada pengaruh teknik restrukturisasi kognitif terhadap kejenuhan belajar pada siswa kelas IX MTs Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2018/2019 atau hipotesis dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BK 067 |
Keywords: | Konseling Kognitif Perilaku, Teknik Restrukturisasi Kognitif, Kejenuhan Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 23 Oct 2018 10:28 |
Last Modified: | 23 Oct 2018 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31089 |