Sitorus, Susiani (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DI SMP NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143111051 COVER_doc.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
2. NIM. 4143111051 APROVAL SHEET_doc.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 4143111051 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
5. NIM. 4143111051 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM. 4143111051 ILLUSTRATION_docx.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM. 4143111051 TABLES_docx.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 4143111051 APPENDICES_docx.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
9. NIM. 4143111051 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 4143111051 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
14. NIM. 4143111051 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Creative
Problem Solving lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis
siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team
Achievement Division di kelas VIII SMP Negeri 1 Pematangsiantar T.A
2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Pematangsiantar dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-6 dan
VIII-11 sebanyak 63 orang. Kelas VIII-6 menjadi kelas eksperimen I yang diajar
dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dan kelas VIII-11 menjadi
kelas eksperimen II yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe
Student Team Achievement Division. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen.
Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan
masalah matematika berupa essay sebanyak 4 soal pretest dan 4 soal postest dan
telah dinyatakan valid. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji
normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel
berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians yang
homogen. Dari analisis data pada kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-rata
pretest 43,98 sedangkan rata-rata postest 83,67. Pada kelas eksperimen II
diperoleh nilai rata-rata pretest 43,95 sedangkan rata-rata postest 75,08. Dari hasil
analisis data postest dengan menggunakan uji-t pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung
= 6,932 dan ttabel = 1,999 yang ternyata thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha
diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem
Solving lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team
Achievement Division di kelas VIII SMP Negeri 1 Pematangsiantar T.A
2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 151 |
Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, creative problem solving, student team achievement division |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 22 Oct 2018 16:24 |
Last Modified: | 24 Oct 2018 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31069 |