SIREGAR, RISA JULIANTI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7131142041 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM. 7131142041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
3. NIM. 7131142041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
4. NIM. 7131142041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
5. NIM. 7131142041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
6. NIM. 7131142041 TABLES.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
7. NIM. 7131142041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 7131142041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
13. NIM. 7131142041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 7131142041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas XII. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar
akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran scaffolding lebih tinggi
dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran
konvensional pada siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 11 Medan Tahun
Pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Medan. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Negeri 11 Medan Tahun
Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 132 siswa. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan adalah simple random sampling yaitu 54 siswa masing-masing
kelas diambil 27 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam
penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa soal pilihan ganda
sebanyak 20 soal. Tes yang diberikan merupakan tes yang sudah baku yang
dikutip penulis dari buku teks sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga
validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran soal telah teruji. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi,
uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan
Uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tingkat kepercayaan 95% atau
α = 0,05 dengan dk = n1 + n2 – 2 diperoleh thitung (4,75) > ttabel (1,676) yang berarti
hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran
scaffolding ( ̅ = 82,41 dan S = 8,13) lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil
belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional
( ̅ = 70,93 dan S = 9,71) pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 11 Medan Tahun
Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 116 |
Keywords: | Model Pembelajaran Scaffolding, Metode Pembelajaran Konvensional, dan Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9701 Public accounting. Auditing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 22 Oct 2018 10:03 |
Last Modified: | 22 Oct 2018 07:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31044 |