YUWAFI, MUHAMMAD YUDISTIRA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 7 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133342006_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 7133342006_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
3. NIM. 7133342006_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
4. NIM. 7133342006_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5 NIM. 7133342006_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
6. NIM. 7133342006_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
7. NIM. 7133342006_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. NIM. 7133342006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
13. NIM. 7133342006_BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM. 7133342006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya kemampuan
berpikir kritis dan hail belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7
Medan TP 2017/2018”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan
menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan
kemampuan berpikir kritis dan hail belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7
Medan TP 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMS Negeri 7 Medan yang berlokasi di Jl.
Timor No. 36 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kels XI IPS 1
yang berjumlah 33 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan
yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan ata
menggunakan tes dan observasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan
data kualitatif dan data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test sebelum
diadakannya tindakan pada siklus I adalah 53 dimana 9,09 % siswa yang
memenuhi standar ketuntasan belajar. Setelah dilakukan tindakan siklus I nilai
rata-rata 74 dimana 57,5 % siswa memenuhi standar ketuntasan belajar dan
setelah dilakukan siklus II nilai rata-rata 82 dimana 84,8 % siswa memenuhi
standar ketuntasan belajar. Kemampuan berpikir kritis siswa juga menunjukkan
peningkatan dari 27 % pada siklus I menjadi 75,7 % pada siklus II.
Dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based
Learning di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Medan TP 2017/2018 membuktikan
adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 110 |
Keywords: | Akuntansi, Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 19 Oct 2018 12:48 |
Last Modified: | 19 Oct 2018 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31016 |