Sitorus, Erly Damayanti (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANBSI SISWA KELAS XII IPS SMA SWASTA ISTIQLAL DELITUA T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143142015 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM. 7143142015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (581kB) | Preview
3. NIM. 7143142015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
4. NIM. 7143142015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
5. NIM. 7143142015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 7143142015 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 7143142015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 7143142015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (656kB) | Preview
13. NIM. 7143142015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 7143142015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir
kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Swasta Istiqlal Delitua
Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan
kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan
Model Pembelajaran Children Learning In Science di kelas XII IPS SMA Swasta
Istiqlal Delitua T.P 2018/2019
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Istiqlal Delitua, Deli Serdang pada
siswa kelas XI IPS SMA Swasta Istiqlal Delitua yang beralamat di Jl. Stasiun No.
1A Desa Suka Makmur Delitua. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
XII IPS 1 yang berjumlah 26 orang, dan objek dalam penelitian ini adalah
penerapan model pembelajaran Children Learning In Science Untuk
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2
siklus dimana, dalam tiap siklus terdiri dalam 4 tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang
digunakan adalah melalui tes hasil belajar dan lembar observasi kemampuan
berpikir kritis. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan data kuantitatif
dan kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata kemampuan berpikir
kritis siswa memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan, pada siklus I terdapat
54,67% menjadi 69,57% pada siklus II termasuk dalam kriteria Kritis. Dari hasil
analisis data hasil belajar siswa diperoleh data tes sebelum penerapan dengan
jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa (23%), sedangkan pada siklus I
jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa (65%) dengan rata-rata nilai 73.
Meningkat pada siklus II sebanyak 24 siswa (92%) dengan rata-rata nilai 92 atau
mengalami peningkatan sebesar 27%.
Dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran Children
Learning In Science dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil
belajar siswa di kelas XII IPS 1 SMA Swasta Istiqlal Delitua Tahun Pembelajaran
2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 108 |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Children Learning In Science |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9701 Public accounting. Auditing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 18 Oct 2018 08:18 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 05:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30980 |