Deliana, Rini (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TERINTEGRASI LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM. 8166142010 COVER.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2. NIM. 8166142010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
3. NIM. 8166142010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 8166142010 PERFACE.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
5. NIM. 8166142010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
6. NIM. 8166142010 TABLES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM. 8166142010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
8. NIM. 8166142010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
9. NIM. 8166142010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
13. NIM. 8166142010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 8166142010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar terintegrasi Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) yang efektif berbasis inkuiri terbimbing pada materi Kesetimbangan Kimia dan mengetahui tingkat kelayakan bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan standar BSNP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang dikembangkan oleh Borg & Gall (1983). Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa Universitas Negeri Medan. Pemilihan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling diambil 40 mahasiswa yang sedang mempelajari mata kuliah Kinetika dan Kesetimbangan Kimia di Universitas Negeri Medan yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan bahan ajar terintegrasi LKM sedangkan kelas kontrol menggunakan buku pegangan mahasiswa. Validasi terhadap bahan ajar terintegrasi LKM adalah tiga orang dosen dari Universitas Negeri Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Bahan ajar yang dianalisis memberikan hasil cukup baik dan tidak memerlukan revisi, namun masih terdapat kekurangan-kekurangan pada setiap bahan ajar sehingga perlu dilakukan pengembangan; (2) Komponen-komponen yang diintegrasikan ke dalam bahan ajar yang telah dikembangkan, yaitu LKM , dan model pembelajaran; (3) Hasil penilaian dosen terhadap bahan ajar yang telah dikembangkan sebesar 3,40 adalah valid (layak) dan tidak perlu revisi berdasarkan standar BSNP; (4) Terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan bahan ajar terintegrasi LKM berbasis inkuiri terbimbing pada materi kesetimbangan kimia dibandingkan dengan menggunakan buku pegangan mahasiswa; (5) Motivasi belajar mahasiswa meningkat dengan menggunakan bahan ajar terintegrasi LKM berbasis inkuiri terbimbing pada materi kesetimbangan kimia; (6) Mahasiswa memberikan persepsi positif terhadap bahan ajar terintegrasi LKM berbasis inkuiri terbimbing pada materi kesetimbangan kimia dengan perolehan rata-rata penilaian sebesar 80%
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.33 Del p |
Keywords: | Lembar Kerja Mahasiswa, pengembangan, inkuiri terbimbing,Model Pembelajaran, Kurikulum |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2326.4 Institutions of higher education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Sep 2018 03:48 |
Last Modified: | 20 Sep 2018 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30919 |