BERMAIN FINGER PAINTING DALAM MODEL CREATIVE ART UNTUK MEMBANTU PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS DAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK A DI TK KELURAHAN AEK LOBA PEKAN

Harahap, Lola Wita (2018) BERMAIN FINGER PAINTING DALAM MODEL CREATIVE ART UNTUK MEMBANTU PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS DAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK A DI TK KELURAHAN AEK LOBA PEKAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8166182027 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8166182027 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8166182027 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8166182027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8166182027 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8166182027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8166182027 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8166182027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8166182027 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8166182027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8166182027 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8166182027 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8166182027 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8166182027 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8166182027 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8166182027 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8166182027 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8166182027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (543kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8166182027 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8166182027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8166182027 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8166182027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya perkembangan motorik halus dan kreativititas anak kelompok A di TK Kelurahan Aek Loba Pekan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku panduan gurubermain finger painting dalam model creative art untuk membantu perkembangan motorik halus dan kreativitas anak. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (reserch and development). Dilaksanakan dalam empat tahap penelitian yakni pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal-3 tahun pelajaran 2017/2018 dan TK Al-Madinah tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 49 anak dan dipilih sebesar 8 orang anak diambil secara random. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan perkembangan motorik halus anak sebesar 32,4% dan sebesar 41,9% peningkatan kemampuan kreativitas anak. Sedangkan penggunaan metode konvensional peningkatan motorik halus hanya sebesar 9,8% dan kreativitas meningkat sebesar 26,1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku panduan guru bermain finger painting dalam model creative art lebih efektif meningkatkan perkembangan mototik halus dan kreativitas anak dibandingkan dengan penggunaan model konvensional. Buku panduan ini diharapkan menjadi acuan guru dalam melaksanakan kegiatan bermain khususnya untuk anak kelompok A di TK Kelurahan Aek Loba Pekan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.21 Har b
Keywords: Creative Art, Finger Painting, Motorik Halus, Kreativitas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Sep 2018 07:39
Last Modified: 12 Sep 2018 07:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30896

Actions (login required)

View Item
View Item